Monday, December 14, 2015

Range Dinamis

Kesempatan ini saya akan berbagi cara membuat range dinamis. Disini saya rasa bagi kita yang belajar otodidak copy dan copas ajha. dan ikuti saya aplikasi yang sudah pernah kita buat pada posting Tombol Simpan VBA Excel. Pada File terdahulu kita sudah membuat tabel dan isi tabel yang kita input dengan menggunakan UserForm dengan fungsi Tombol Simpan. berikut cara membuat range dinamis yang akan kita gunakan untuk keperluan tertentu dalam rancangan UserForm kemudian hari, seperti penggunaan range dinamis pada ListBox untuk menampilkan data yang telah di simpan.

Menggunakan range dinamis untuk Rowsource data listbox akan menampilkan data terupdate. Tiap penambahan data baru akan otomatis di baca oleh range dinamis, sehingga tiap data selalu dapat ditampilkan dalam listbox.

Langkah-langkah membuat range dinamis sebagai berikut :

Lihat Video Tutorial Posting Range Dinamis Klik DISINI
  • Buka File Excel yang telah kita buat pada posting Tombol Simpan VBA Excel Blok tabel yang akan digunakan sebagai range
  • Klik kanan dan pilih Name Range seperti pada gambar dibawah ini 



  • Selanjutkannya akan muncul kotak dialaog New Name dan Ubah Name jadi "ListDB" dan ubah Refers To  menjadi range dinamis berikut dan perhatikan gambar 
=OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5)

  • Ikuti saja, seperti pada gambar, untuk penjelasan detail saya sendiri tidak paham. Karena saya hanya mengunakan logika asal bisa berfungsi.
Demikian cara membuat range dinamis yang akan kita gunakan untuk ListBox yang akan saya jelaskan berikutnya. Semoga bermanfaat bagi kita yang belajar Otodidak..!!

3 komentar

=OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5)

angka 5 di sini maksudnya apa ya Gan...?

betul ga gan klo angka 5 itu menunjukan jumlah Kolom yang dipiih?

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon