Sunday, January 10, 2016

Progress Bar Sederhana VBA Excel


Progress Bar - Merupakan tampilan proses loading aplikasi yang seolah-olah aplikasi sedang disiapkan untuk loading. Banyak cara untuk membuat progress bar semacam gambar gif diatas. Membuat tampilan Progress Bar pada Awal Aplikasi VBA Excel akan membuat aplikasi lebih cantik serta tampil selayaknya aplikasi profesional. Pada kesempatan ini saya akan menyajikan membuat Progress Bar Secara Sederhana menggunakan VBA Excel. ikuti ajha langkah-langkah sederhana membuat Progress Bar di Aplikasi VBA Excel.


Langkah-langkah Membuat Progress Bar Sederhana VBA Excel :
  • Buka Visual Basic VBA Excel dengan cara Klik menu Depelover, pilih Visual Basic.
  • Tambahkan sebuah UserForm, 1 Frame dan 2 Label.
  • Ubah Caption UserForm1 menjadi "Loading" dengan cara klik kanan pada UserForm1, pilih properties, Padukan sendiri warna BackColor UserForm.
  • Klik kanan pada Frame dan pilih properties, Hapus Caption Frame dan biarkan kosong, Padukan sendiri warna Backcolor Frame. saya pilih warna putih ajha.
  • Klik kanan pada Label1 pilih properties atur Caption Label1 "0% Completed", untuk BackStyle pilih 0-fmBackStyleTransparant.
  • Klik kanan Label2, pilih Properties, Hapus Caption Label2 , biarkan saja kosong. Sesuaikan BackColor Label2 sesuai dengang selera anda.!! dan  Letakkan Label2 ke dalam Frame. kurang lebih perhatikan gambar dibawah ini.

  • Setelah siap rancangan UserForm selanjutnya kita akan memasukkan kode untuk menjalankan progress bar yang sederhana. Tambahkan sebuah Modul dengan cara klik Insert dan pilih Modul. Masukkan kode berikut ini dalam modul.
Option Explicit
Sub code()
Dim i As Integer, j As Integer, pctCompl As Single
Sheet1.Cells.Clear
For i = 1 To 100
    For j = 1 To 1000
        Cells(i, 1).Value = j
    Next j
    pctCompl = i
    progress pctCompl
Next i
End Sub
Sub progress(pctCompl As Single)
UserForm1.Label1.Caption = pctCompl & "% Completed"
UserForm1.Label2.Width = pctCompl * 2
DoEvents
End Sub
  • Jika sudah menempatkan kode diatas dalam modul, selanjutnya kita akan tambahkan kode pada UserForm_Activate(). Jangan banyak mikir dan banyak tanya perhatikan kode dibawah dan letakkan kode dibawah ini di UserForm_Activate() dengan cara klik kanan UserForm pilih View Code
Private Sub UserForm_Activate()
code
End Sub
  • Selesai..!!! Mudah bukan..!! Jalankan Aplikasi anda untuk uji coba..!!! bila penempatan kode sudah benar progress bar akan muncul dengan indah..!!! 
Download Sample File Progress Bar
Demikian pembahasan tentang posting Progress Bar Sederhana VBA Excel. Semoga menjadi referensi bagi yang mencari informasi tentang aplikasi Vba Excel. Selanjutnya dapat dikembangkan sebagaimana yang diinginkan. Bila posting ini bermanfaat mohon dapat dishare dengan mengklik tombol share media sosial yang tersedia agar teman-teman yang lain juga bisa tahu. Bila ingin menyampaikan masukan dan hal lain buat admin silahkan mengisi di kolom komentar

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon