Wednesday, November 16, 2016

6 Cara Menemukan Row Terakhir Dari Sebuah Daftar Dengan Kode VBA Excel

Sebuah pekerjaan yang sangat umum di Excel VBA adalah untuk menemukan baris terakhir dari daftar data. Mengetahui baris akhir karena berbagai alasan seperti untuk membuat grafik atau PivotTable, atau untuk menambahkan data baru ke bagian bawah daftar. Baris akhir merupakan acuan untuk menambah data baru pada kode simpan data. Posting ini mengungkap 6 cara yang berbeda yang dapat anda gunakan untuk menemukan baris terakhir. 


6 Cara Menemukan Row Terakhir Dari Sebuah Daftar Dengan Kode VBA Excel

 variabel berikut telah dinyatakan dan variabel sht diaktifkan.

Dim sht As Worksheet
Dim LastRow As Long

Set sht = ThisWorkbook.Worksheets("Sheet1")

1. Menggunakan Ctrl + Panah Bawah
menggunakan shortcut keyboard Ctrl + tombol panah akan menuju ke bagian bawah daftar, Berikut hal yang sama menggunakan Kode VBA  dengan asumsi A1 merupakan Cell pertama yang ada datanya.

LastRow = Range("A1").End(xlDown).Row

Kode Vba diatas merupakan kode pada umumnya digunakan dalam aplikasi Full UserForm. Namun terdapat kelemahannya jika diantara baris pertama dan terakhir dari data ada yang baris cell yang kosong maka data yang dianggap terakhir adalah bagian yang tidak ada data.

2. Menggunakan Ctrl + Panah Atas
Dengan asumsi A1000 adalah baris terakhir dari suatu range yang sudah kita buat sementara data terakhir yang ada terletak masih jauh. Kita dapat menggunakan shortcut Keyboar Ctrl + Panah Atas untuk menemukan baris terakhir. Berikut hal yang sama menggukan Kode VBA untuk menemukan baris terakhir dari data yang sudah terisi.

LastRow = Range("A1000").End(xlUp).Row

3. Menggunakan UsedRange Properti VBA
UsedRange Properti di Excel VBA adalah suatu range data yang sudah terisi di cell. Misalnya Data telah terisi di Cell antara cell A1 hingga Cell F50. kita dapat mencari informasi data pertama dan data terakhir pada lembar kerja dengan menggunakan shortcut Ctrl + End dan Ctrl + Home. Kode di bawah membersihkan UsedRange dan kemudian menggunakannya untuk berada jumlah baris terakhir.

sht.UsedRange.Clear
LastRow = sht.UsedRange.Rows.Count

4. Menghitung Nilai pada Kolom
Fungsi COUNTA dapat digunakan untuk menghitung semua sel yang terisi dalam range untuk menemukan baris terakhir.

LastRow = Application.CountA(Range("A:A"))

5. Menggunakan Nama Range
Baca Cara membuat Range Dinamis. Kode berikut mencari baris terakhir dari suatu range yang telah dibuat dengan nama "Data_Siswa"

LastRow = sht.Range("Data_Siswa").Rows.Count

6. Menggunakan Range yang Di Format Sebagai Tabel

LastRow = sht.ListObjects("Table1").Range.Rows.Count

Demikian Posting  6 Cara Menemukan Row Terakhir Dari Sebuah Daftar Dengan Kode VBA Excel. Semoga dapat dikembangkan dengan kebutuhan aplikasi masing-masing. Silahkan share kode di kolom komentar yang berkenaan dengan menemukan baris terakhir.



Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon