Thursday, February 23, 2017

Convert Data ke File PDF Dengan UserForm VBA Excel

Convert Data Ke File PDF Dengan UserForm Vba Excel -  Perhatikan gambar format gif diatas..!! File yang terdapat pada ListBox diconvert menjadi File PDF dan membuka file hasil Convert tersebut secara otomatis. 

Pdf merupakan singkatan dari Portable Document Format adalah sebuah format file yang diciptakan oleh perusahaan ternama yaitu Adobe System.Inc. File Pdf dapat dibuka dengan Pdf Reader seperti Adobe Pdf yang memang keluaran dari Adobe System.Inc. Selain Adobe Pdf dapat juga menggunakan aplikasi lainnya yang banyak di internet yang dibagikan secara cuma-cuma ataupun software berbayar. Searching saja untuk lebih lanjut tentang Software yang berkenaan dengan Pdf

Kelebihan file Pdf
Dokument Pdf lebih aman dikarena sulit untuk di edit, dapat menggunakan password, agar pengguna hanya bisa membaca namun tidak bisa mengcopy dan hanya bisa untuk print saja. Namun bagi yang ahli, keamanan  yang ada pada Pdf dapat dibobol juga.

Kembali ke topik yang akan dibahas pada posting ini tentang convert data ke file Pdf, Langkah-langkahnya cukup gampang, anda hanya melektakkan kode yang berfungsi untuk menconvert saja pada tempatnya secara tepat dan benar,

Langkah-langkah cara mengconver Data ke File Pdf melalui UserForm VBA Excel sebagai berikut :
  • Buka Excel, Rename Sheet1 menjadi "Data", Bikin tabel dengan header tabelnya No, Nis, Nama, Jenis Kelamin, Alamat, Nama Ayah dan Nama Ibu serta isikan data yang dibutuhkan pada tiap kolom tabel yang sudah di rancang. Anda dapat menyesuiakan dengan kebutuhan aplikasi yang anda rancang.
  • Jika sudah merancang tabel, selanjutnya kita akan membuat range dinamis di Sheet "Data" untuk  data  yang akan ditampilkan. Klik Name Manager - New - di kotak dialog Name isikan nama range dengan nama "DataRange". Pada kolom Refers to isikan dengan rumus range dibawah ini :
=OFFSET(Data!$A$2;;;COUNTA(Data!$G$2:$G$10);7)

Keterangan : Bila pada Excel yang menggunakan range diatas error maka coba gantikan tanda titik koma (;) dengan tanda koma (,). Hal ini tergantung pada pengaturan yang terdapat di Use System Sepators yang ada di pengaturan Excel.
  • Selanjutnya kita akan merancang UserForm aplikasi. Klik tab Developer dan pilih Visual Basic. Masukkan UserForm1 dan rancang element yang dibutuhkan, sesuiakan propertiesnya masing-masing sebagai berikut :
1. ListBox1 Ubah Name Listbox menjadi "ListData"
2. Label1 Ubah Caption "Convert To Pdf"  Dengan Name Labelnya menjadi "LbConvert"
3. Label lain seperti judul sesuaikan dengan keinginan, Sesuaikan juga warna di Properties
  • Klik kanan UserForm1 pilih View Code dan letakan kode berikut ini pada General. Kode berikut berfungsi sebagai pemanggil data yang akan ditampilkan pada ListBox dengan Name "ListData"
Sub DataList()
With ListData
.RowSource = "R_DATA"
.ColumnCount = 7
.ColumnWidths = " 30, 30, 80, 80, 80, 80, 80"
End With
End Sub
  • Kode berikut berfungsi untuk memanggil data agar selalu ditampilkan setiap saat pada ListBox. Klik kanan UserForm1, pilih View Code dan masukkan kode dibawah ini pada UserForm_Initialize :
Private Sub UserForm_Initialize()
Call DataList
End Sub
  • dibawahi ini merupakan kode yang berfungsi untuk mengubah data yang ada di sheet menjadi file Pdf. letakkan kode berikut dengan tepat. Klik kanan LbConvert, pilih View Code dan masukkan kode berikut ini :
Private Sub LbConvert_Click()
On Error Resume Next
    MkDir ThisWorkbook.Path & "\SIMPAN SEBAGAI PDF\"
    On Error GoTo 0
namafile = InputBox("Nama file yang akan disimpan ke format PDF !", "Convert To PDF")
If namafile = "" Then
MsgBox "File Harus Diberi Nama Untuk Menyimpan !", vbCritical, "Gagal Menyimpan"
Exit Sub
Else
    With ThisWorkbook.ActiveSheet
        fName = namafile ' akan jadi nama file
    End With
    '
    'mengexport sheet jadi pdf
    ActiveSheet.ExportAsFixedFormat Type:=xlTypePDF, Filename:= _
                ThisWorkbook.Path & "\SIMPAN SEBAGAI PDF\" & fName, Quality:=xlQualityStandard, _
                IncludeDocProperties:=True, IgnorePrintAreas:=False, OpenAfterPublish:=True

MsgBox "File " & namafile & ".pdf berhasil disimpan di folder SIMPAN SEBAGAI PDF", vbInformation, "Convert To PDF"
End If
End Sub
  • Kode berikut berfungsi untuk memanggil UserForm secara otomatis saat file dibuka, yang muncul hanya UserForm saja dan menyembunyikan Worksheet. Letakkan kode berikut ini dengan cara klik kanan pada ThisWorkBook pilih View Code dan masukkan kode berikut ini :
Private Sub Workbook_Open()
Application.Visible = False
UserForm1.Show
Application.Visible = True
End Sub

  • Selesai memasukkan kode yang sudah disajikan diatas, coba jalankan aplikasi yang sudah anda rancang dengan mengikuti posting ini. Jika penempatan kode sudah tepat maka aplikasi akan berjalan sebagaimana terlihat pada gambar gif diatas.
Demikian yang dapat saya jelaskan tentang posting Convert Data ke File PDF Dengan UserForm VBA Excel. Bagi anda yang memiliki kode modifikasi lainnya yang mempunya fungsi dan kerja yang sama untuk menconvert harap dapat berbagi dikolom komentar.

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon