Sunday, June 25, 2017

Cara Menampilkan Chart/Grafik Data Di UserForm VBA Excel

Cara Menampilkan Chart/Grafik Data Di UserForm VBA Excel - Menampilkan data dalam bentuk Chart/Grafik dari sebuah tabel yang berisi angka-angka sebagai perbandingan yang bertujuan memberikan gambaran visual tentang suatu data. Secara visual data yang ditampilkan dalam bentuk Chart/Grafik akan lebih mudah terlihat letak persamaan, perbedaan dan perbandingan. Chart/Grafik akan menampilkan data yang tidak teratur, pasang surut, naik-turun yang dihasilkan dari sebuah tabel data.

Data-data yang berupa uraian deskriptif yang banyak dan juga kompleks bisa diubah menjadi bentuk yang sederhana dengan menggunakan Chart/Grafik. Sehingga jika sebuah Chart/Grafik sulit dibaca atau dipahami berarti grafik tersebut sudah kehilangan manfaatnya. Fungsi dari grafik adalah untuk menggambarkan data-data yang berupa angka-angka ke betuk yang lebih sederhana, secara detail dan menjelaskan perkembangan serta perbandingan suatu obyek ataupun peristiwa yang saling berhubungan secara singkat dan jelas.

Posting ini juga berkenaan dengan pertanyaan salah satu pengunjung blog beberapa bulan yang lalu yang berasal dari Aceh yang menanyakan cara menampilkan Chart/Grafik dari sebuah data di UserForm Vba Excel. 

Langkah - langkah Menampilkan Chart/Grafik Data Di UserForm VBA Excel
  • Langkah pertama buka Excel buatlah data tabel seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini. Buatlah 3 model Chart/Grafik dari data tabel tersebut dan simpan file dalam format macro atau binary. Rename Sheet1 menjadi Charts
  • Setelah selesai membuat data dan 3  Chart maka selanjutnya kita masuk ke Visual Basic dengan cara klik Tab Developer pilih Visual Basic. Kita akan merancang UserForm dan element-element yang dibutuhkan untuk menampilkan Chart/Grafik di UserForm Vba Excel. 
  • Klik Insert dan masukkan UserForm1, Frame1, Images1, dan 3 buah CommandButton. Sesuaikan tata letak seperti gambar dibawah ini, atau anda boleh mendesain UserForm sesuai dengan selera anda sendiri. Namun untuk properties setiap element harus mengikuti apa yang saya tulis agar terhindar dari error
  • Atur properties setiap element. Yang terpenting dari mengatur element pada (Name) harus sama dengan apa yang saya sajikan, Karena (Name) dari setiap element tersebut tertulis dalam kode untuk mengeksekusi perintah yang diberikan pada tiap element. Untuk Properties lain seperti BackColor dan lainya boleh mengikuti selera yang anda inginkan. Properties setiap element  dengan ketentuan sebagai berikut :
Properties UserForm1
(Name) = UserForm1, BackColor = &H00808C39&, Caption = Charts.

Properties Frame1
(Name) = Frame1, BackColor = &H00808C39&, Caption dikosongkan saja atau dihapus

Properties Image1
(Name) = Image1, BackStyle = 0 - FmBackStyleTransparent, BorderStyle = 0- FmBorderStyleSingel, SpecialEffect = 0 - FmSpecialEffectFlat

Properties CommandButton
CommandButton1 (Name) = NextButton, Caption = Next >
CommandButton2 (Name) = PreviousButton, Caption = < Previous
CommandButton3  (Name) = CloseButton, Caption = Close

Saya ingatkan sekali lagi bahwa Properties yang diwajibkan mengikuti hanya (Name) karena (Name) tiap element tersebut tertulis pada kode vba yang akan memberikan perintah terhadap masing-masing Element, Sementara selain Properties (Name) diperbolehkan mengikuti selera masing-masing.
  • Ok..!! Data dan Chart/Grafik serta perancangan UserForm sudah selesai. Selanjutnya kita akan menulis kode yang akan menampilkan Chart/Grafik Data Di UserForm VBA Excel. Klik kanan pada UserForm pilih View Code dan tulislah kode berikut ini di objek (General) dengan Event (Declaration)
Dim ChartNum As Integer
  • Lanjutkan menulis kode dibawah ini pada objek (General) dengan Event (UpdateChart) yang akan otomatis keluar sendiri Eventnya setelah kode ditulis. Berikut kodenya.
Private Sub UpdateChart()
    Set CurrentChart = Sheets("Charts").ChartObjects(ChartNum).Chart
    CurrentChart.Parent.Width = 300
    CurrentChart.Parent.Height = 150

'   menyimpan Chart sebagai Gif
    Fname = ThisWorkbook.Path & Application.PathSeparator & "temp.gif"
    CurrentChart.Export FileName:=Fname, FilterName:="GIF"

'   Menampilkan Chart Pada Image1
    Image1.Picture = LoadPicture(Fname)
End Sub
  • Tulislah kode berikut ini pada objek UserForm dengan Event Initialize yang akan berfungsi memanggil kedua kode diatas saat UserForm berjalan.
Private Sub UserForm_Initialize()
    ChartNum = 1
    UpdateChart
End Sub
  • Kode dibawah ini berfungsi untuk memberikan perintah pada tombol NextButton dengan Caption Next > agar mencari gambar Chart/Grafik berikutnya yang ada pada sheet Charts untuk ditampilkan. Klik kanan NextButton dengan Caption Netx > pilih View Code tulislah kode berikut ini.
Private Sub NextButton_Click()
    If ChartNum = 3 Then ChartNum = 1 Else ChartNum = ChartNum + 1
    UpdateChart
End Sub
Keterangan :
Ganti Angka yang berwarna merah tersebut sejumlah Chart/Grafik yang ada pada sheet Chart yang ingin di tampilkan ketika tombol NextButton di klik.
  • Kode dibawah ini berfungsi untuk memberikan perintah pada tombol PreviousButton dengan Caption < Previous agar mencari gambar Chart/Grafik sebelumnya yang ada pada sheet Charts untuk ditampilkan. Klik kanan PreviousButton dengan Caption < Previous pilih View Code tulislah kode berikut ini.
Private Sub PreviousButton_Click()
    If ChartNum = 1 Then ChartNum = 3 Else ChartNum = ChartNum - 1
    UpdateChart
End Sub
Keterangan :
Ganti Angka yang berwarna merah tersebut sejumlah Chart/Grafik yang ada pada sheet Chart yang ingin di tampilkan ketika tombol PreviousButton di klik
  • Kode dibawah ini berfungsi untuk memberikan perintah menghentikan tampilan UserForm. Tulislah kode berikut ini pada tombol Close
Private Sub CloseButton_Click()
    Unload Me
End Sub
  • Bila ingin memberikan perintah pada tombol Close untuk menutup dan menyimpan dokument maka gunakan kode dibawah ini.
Private Sub CloseButton_Click()
Application.Visible = False
ActiveWorkbook.Close savechanges:=True
End Sub

Selesai..!! Silahkan di uji aplikasi. Bila penempatan kode sudah benar dan tepat maka aplikasi akan berjalan sebagaimana diharapkan seperti terlihat pada gambar gif diawal posting ini. Bila masih Error, coba diperiksa kembali penempatan atau penulisan kode yang tepat dan benar. Dalam Excel sendiri terdapat banyak model Chart/Grafik yang dapat digunakan.  Berikut ini adalah beberapa jenis grafik yang tersedia dalam Excel 2007:

1. Column charts (Grafik Kolom)
Grafik Kolom sangat berguna untuk menunjukkan perubahan data dalam periode waktu tertentu atau menggambarkan perbandingan antar beberapa item.

2. Line charts (Grafik Garis)
Grafik garis dapat menunjukkan data secara terus menerus atau berkelanjutan selama periode waktu tertentu. Grafik ini sangat ideal untuk menampilkan tren data pada interval/rentang waktu yang sama.

3. Pie charts (Grafik lingkaran)
Grafik lingkaran menunjukkan ukuran dari suatu item dalam suatu rangkaian data, secara proporsional terhadap jumlah dari keseluruhan item. Poin atau nilai dari item-item tersebut ditunjukkan dalam bentuk presentase dari keseluruhan data (dalam bentuk satu lingkaran).

4. Bar charts (Grafik batang)
Grafik batang menggambarkan perbandingan antar beberapa item.

5. Area charts (Grafik bidang)
Grafik bidang menekankan besarnya perubahan dari waktu ke waktu.

6. XY (scatter) charts (Grafik penyebaran)
Grafik penyebaran menunjukkan hubungan antara nilai numerik pada beberapa rangkaian data.

7. Stock charts (Grafik stok)
Seperti namanya, grafik stok banyak digunakan untuk menggambarkan fluktuasi harga stok. Namun grafik ini juga dapat digunakan untuk data ilmiah. Sebagai contoh, kita dapat menggunakannya untuk menunjukkan fluktuasi suhu harian.

8. Surface charts (Grafik permukaan)
Grafik permukaan sangat berguna ketika kita ingin mencari kombinasi yang optimal dari 2 rangkaian data. Seperti dalam peta topografi, warna dan pola menunjukkan daerah yang berada dalam kisaran nilai yang sama.

9. Doughnut charts (Grafik donat)
Seperti grafik lingkaran, grafik donat menunjukkan hubungan dari suatu bagian dengan keseluruhan data, tetapi dapat berisi lebih dari satu rangkaian data.

10. Bubble charts (Grafik gelembung)
Data diatur dalam kolom sehingga nilai-nilai x (horizontal) tercantum pada kolom pertama (kiri) dan nilai-nilai y (vertical) yang sesuai dan nilai-nilai ukuran gelembung tercantum dalam kolom yang berdekatan, dapat diplot dalam grafik gelembung.

11. Radar charts (Grafik radar)
Grafik radar membandingkan nilai keseluruhan dari sejumlah rangkaian data.

Demikian posting Cara Menampilkan Chart/Grafik Data Di UserForm VBA Excel, semoga dapat dijadikan referensi bagi yang sedang mencari informasi tentan Cara Menampilkan Chart/Grafik Data Di UserForm. Jika anda memiliki cara yang berbeda atau informasi kode yang berbeda namun berjalan sama dengan apa yang disampaikan di posting ini harap dapat di sampaikan di kolom komentar.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon