Monday, July 10, 2017

Cara Mengetik Arab Jawi

Tulisan Arab Jawi pernah menjadi sarana dalam komunikasi text pada masa kerajaan Islam Rumpun Melayu berjaya dimasanya. Dalam surat menyurat, karangan kitab-kitab agama serta kitab perobatan tertulis dalam tulisan Arab Jawi. Abjad ini didasarkan pada abjad Arab dan digunakan untuk menuliskan ucapan Melayu. terdapat beberapa huruf yang termodifikasi untuk mengakomodasi bunyi yang tidak ada dalam bahasa Arab. Abjad Jawi merupakan tulisan resmi dari Kerjaan Rumpun melayu yang meliputi Kerajaan Samudera Pasai, Kesultanan Aceh, Kesultanan Malaka, Kesultanan Johor dan Kesultanan Patani.

Tulisan Arab Jawi membuktikan suatu identitas dan budaya Islam yang lahir dari suatu peradaban yang tinggi. Selayaknyalah sebagai generasi Islam, kita wajib memelihara tulisan ini agar tidak hilang dimasa yang akan datang. Sesuai dengan perkembangan zaman kita juga harus dapat menulis huruf Arab Jawi dalam bentuk digital menggunakan teknologi komputer.


Pada kesempatan ini Admin akan mencoba memaparkan Cara Mengetik Arab Jawi di Microsoft Word. Sebelum kita melanjut kebahasan cara mengetik, perlu diketahui bahwa komputer yang digunakan harus memenuhi syarat berikut ini.
Jika persyaratan diatas sudah dipenuhi, maka dalam mengetik Arab Jawi dipastikan tidak ada lagi kendala dan masalah yang akan dihadapi. Untuk mengetik huruf Arab Jawi sama seperti pengetikan huruf latin, dimana kita harus mengetahui letak tiap huruf pada keyboard. Cara mengetahuinya cukup gampang, kita dapat menampilkan Virtual Keyboard bawaan windows. 

Cara Menampilkan Keyboard Virtual :
  • Klik Tombol Start - Pilih All Programs - Klik Accessories - Pilih Ease of Access - Klik On-Screen Keyboard
Setelah Virtual Keyboard  tampil, Ubah Language Bar ke Jawi-Keyboard-Sirim, maka tampilah huruf arab yang dilengkapi dengan huruf Arab Jawi yang diperlukan ݢ ڽ ڤ چ ڠ
.
Untuk menggunakan huruf tersebut dengan cara sebagai berikut :
  • Pendam Shift + Q akan muncul huruf ݢ
  • Pendam Shift + E akan muncul huruf ڽ
  • Pendam Shift + R akan muncul huruf ڤ
  • Pendam Shift + A akan muncul huruf چ
  • Pendam Shift + S akan muncul huruf ڠ
Sementara untuk menggunakan huruf Arab lainnya seperti biasa saja. Anda dapat memperhatikan Virtual Keyboar untuk tahap pertama belajar. Bagi yang sudah sering mengetik huruf Arab tidak akan menemukan kendala dalam mengetik Arab Jawi. Karena Arab Jawi pada dasarnya menggunakan huruf Arab. Namun untuk melengkapi vocal bacaan ada penambahan huruf yang terletak pada tombol tertentu seperti yang tertera diatas.

Pengalaman saya pribadi bisa mengetik huruf Arab Jawi Bisa ala biasa, Bisa karena terus mencoba, bisa karena tidak pernah putus asa, Bisa karena ingin bisa. Saya yakin dengan mengulang-mengulang menekan tombol maka anda akan mengingat letak huruf Arab Jawi tersebut. Demikian Posting Demikian Cara Mengetik Arab Jawi. Jika posting ini dianggap bermanfaat maka silahkan Share ke media sosial agar saudara kita yang lain juga ikut tau. Saran dan masukan silahkan disampaikan pada kolom komentar.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon