Saturday, July 29, 2017

Mengenal Pengaturan Yang Terdapat Pada Mesin dan Software FingerPrint

Salam..!! Sudah beberapa hari ini Admin tidak punya waktu untuk menulis dan berbagi di blog tercintai ini. Admin agak sedikit sibuk membantu salah seorang sahabat yang ada di dunia pendidikan yang bertugas sebagai operator sekolah menyelesaikan pekerjaannya memasang Mesin FingerPrint di beberapa sekolah di Aceh Besar. Setiap ada waktu dirumah ketika duduk di depan komputer, ingin sekali menulis dan berbagi sesuatu namun tidak punya ide tentang apa yang harus ditulis. Pada akhirnya Admin memutuskan untuk menuliskan tentang FingerPrint yang akan Admin masukkan ke kategori Operator Madrasah.


Apa itu Mesin FingerPrint ?
Mesin FingerPrint adalah mesin yang berfungsi memberikan data otomatis dan cepat dengan menggunakan pemindaian sidik jari. Mesin FingerPrint atau sering disebut dengan mesin absensi sidik jari merupakan jenis mesin absensi biometrik yang mendata kehadiran / absensi karyawan dengan melakukan pemindaian sidik jari. Dalam paket mesin FingerPrint biasanya berisi software manajemen absensi, video tutorial dan fitur-fitur pelengkap lainnya.

Kemajuan teknologi mempengaruhi semua kegiatan manusia. Dalam meningkatkan disiplin dan kerja karyawan perusahaan-perusahaan, kantor-kantor, sekolah dan universitas mulai menggunakan mesin FingerPrint. Mesin FingerPrint lebih efektif dalam mendata kehadiran karyawan daripada menggunakan absensi manual. Salah satu kelebihan Mesin FingerPrint merekam waktu kehadiran ketika sidik jari karyawan terdeteksi.

Bukan hanya untuk karyawan di perusahaan. Sekolah-sekolah di kota-kota besar menggunakan mesin FingerPrint untuk mendata kehadiran siswa. Menggunakan software tambahan yang mampu terkoneksi dengan modem dan dapat mengirimkan sms ke nomor kontak wali siswa tentang data kehadiran siswa setiap hari.

Menggunakan mesin FingerPrint dalam mendata kehadiran melalui sidik akan memudahkan perusahaan, kantor, sekolah ataupun universitas dalam membuat laporan kehadiran lebih akurat, meminimalisir kecurangan kehadiran seperti istilah "titip absen", mencatat waktu masuk dan pulang secara akurat, hemat waktu membuat laporan rekap kehadiran, dapat mencatat dengan akuran waktu lembuar karyawan dan masih banyak manfaat lainnya.

Apa Saja Yang Harus Diketahui Dalam Mengelola Mesin FingerPrint ?
Dalam mengelola FingerPrint ada beberapa hal yang tidak boleh tidak (Baca:Wajib) diketahui oleh pengelola FingerPrint. Mengelola FingerPrint akan selalu dihadapkan dengan beberapa hal yang tesebut dibawah ini. Itemnya memang banyak, tetapi setiap itemnya tidak terlalu panjang dan rumit dalam prosesnya.
  • Membuat Daftar Devisi (Departement List) 
  • Memasukkan Nama Karyawan (Employees) 
  • Membuat Jam Kerja (Maintenance Timetables) 
  • Membuat Shift Kerja (Shift Management) 
  • Memberikan Jadwal Karyawan (Employee Schedule) 
  • Kirim Nama Karyawan Ke Mesin (Upload User Info & FP) 
  • Mendaftarkan Sidik Jari Ke Mesin 
  • Memasukkan Hari Libur Nasional 
  • Rename Sich, Vacation, dan Other Menjadi Sakit, Cuti, dan Izin 
  • Mencatat Sakit, Cuti, Izin Dalam Laporan (Maintenance AL/BL) 
  • Melihat dan Membuat/Cetak Laporan 
  • Membuat Admin Aplikasi dan Admin Mesin
Jika anda ingin menjadi ahli dalam pemasangan mesin FingerPrint, Cukup mempelari semua item tersebut diatas. Selain mendapatkan ilmu dalam mengelola mesin FingerPrint, anda akan dapat memasang mesin FingerPrint di kantor-kantor yang membutuhkan absensi dengan sidik jari.

Pada awalnya Admin juga mempelajari melalui video tutorial yang terdapat dalam Cd Drive yang sudah ada dalam paket saat membeli mesin FingerPrint. Ketika Admin membantu teman-teman di sekolah lain yang mengalami kendala disanalah Admin mendapatkan latihan dilapangan secara langsung untuk memecahkan masalah yang terjadi.

Pengalaman Admin permasalahan yang sering terjadi ada pada software yang sering sekali jadwal yang telah ditetapkan untuk karyawan hilang. Saat pengelola menarik/mendownload data pesensi pada mesin tiba-tiba saja software tidak dapat membaca kehadiran user yang telah melakukan pemindaian sidik jari sebagai bukti kehadiran setiap hari kerja. Jika masalah ini yang terjadi kita dapat mengatur ulang jadwal kerja karyawan.

Demikian posting Mengenal Pengaturan Yang Terdapat Pada Mesin dan Software FingerPrint. Admin sangat berharap posting yang menjelaskan tentang Finger Print menjadi referensi bagi Operator yang ada di sekolah yang sudah kami pasang Finger Print, dan semoga dapat juga menjadi referensi bagi yang mencari informasi tentang Finger Print. Jika ada pertanyaan, saran dan kritikan, mohon dapat disampaikan pada kolom komentar.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon