Tuesday, July 11, 2017

Rumus Menentukan Lulus dan Ulang Pada Excel

Fungsi IF menyatakan sebuah nilai tertentu bila kondisi yang kita tentukan terpenuhi maka true/lulus, atau jika nilai dengan kondisi itu tidak terpenuhi maka False/Ulang. Membuat laporan nilai siswa dengan ketentuan bila siswa mendapatkan nilai 60 maka siswa tersebut dinyatakan ulang ujian, bila siswa mendapatkan nilai diatas 50 maka dinyatakan lulus dari ujian. Hal ini mendata dan membuat laporan dengan Excel akan lebih mudah dilakukan. Kita dapat menggunakan fungsi IF.  Rumus ini sudah umum digunakan oleh pengguna Excel.

SINTAKS FUNGSI IF
IF(TesLogika; [KondisiTerpenuhi]; [KondisiTidakTerpenuhi])

Keterangan 
  • TexLogika merupakan acuan cell dan nilai yang akan menentukan hasil baik terpenuh atau tidak terpenuhi
  • KondisiTerpenuhi  merupakan keterangan bila nilai terpenuhi dalam contoh Lulus.
  • KondisiTidakTerpenuhi merupakan keterangan yang akan muncul bila nilai tidak tercapai dalam contoh Ulang
Sebagai percobaan, buatlah tabel data sebagaimana terlihat pada gambar format gif di bawah ini. Pada gambar terdapat sebuah tabel data siswa dengan jumlah nilai yang didapatkan masing-masing siswa dari hasil ujian yang bervariasi. Ketentuan nilai lulus jika siswa mendapatkan jumlah nilainya berjumlah lebih besar dari 65. Jika siswa mendapatkan nilai sama atau lebih rendah dari 65 maka siswa tersebut dinyatakan tidak lulus.


Rumus Yang Digunakan 
=IF(C3>65;"LULUS";"ULANG")

Tulislah rumus tersebut diatas pada cell D3, untuk cell lainnya kita tidak perlu menulis lagi satu persatu. lakukan dengan cara klik pada D3 selanjutnya tinggal geser ke cell lain dibawahnya hingga cell D7. Anda akan melihat hasilnya sama persis dengan contoh gambar format gif yang ditampilkan.

Perlu diperhatikan..!! Jika rumus yang anda tulis menggunakan tanda titik koma (;) terjadi error, maka gunakan tanda koma (,) saja. Hal ini tergantung pada pengaturan Excel masing-masing yang terdapat pada Advance - Editing Option - User system Separators.

Demikian posting Rumus Menentukan Lulus dan Ulang Pada Excel. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi yang mencari informasi cara menentukan Lulus atau Ulang terhadap nilai siswa yang didapatkan dari ujian. Jika ingin memberikan masukkan anda dapat menyampaikannya pada kolom komentar.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon