Thursday, August 3, 2017

Cara Membuat Devisi dan Memasukkan Nama Karyawan FingerPrint

Mesin FingerPrint adalah mesin yang berfungsi memberikan data otomatis dan cepat dengan menggunakan pemindaian sidik jari. Mesin FingerPrint atau sering disebut dengan mesin absensi sidik jari merupakan jenis mesin absensi biometrik yang mendata kehadiran/absensi karyawan dengan melakukan pemindaian sidik jari. 

Semakin maraknya sekolah, kantor-kantor, perusahaan dan universitas yang memasang Mesin FingerPrint sebagai alat absensi. Dalam meningkatkan disiplin kerja karyawan Absensi menggunakan sidik jari salah satu cara yang sangat efektif dan efisien. Mesin FingerPrint akan mencatat waktu dengan tepat dan akurat setiap terjadi pemindaian sidik jari. Pada posting ini kita akan membahas Cara Membuat Devisi dan memasukkan Nama Karyawan ke Software FingerPrint.

Cara Membuat Devisi (Departement List)
Buka Aplikasi Attendance Management, Pada bilah kiri terdapat kotak Pengaturan, klik Pengaturan Departemen. Pada kotak dialog Pengaturan Departemen klik pada Our Departement dan pilih ubah untuk mengubah nama devisi sesuai dengan yang diinginkan. Menambahkan devisi lain klik tambah dan pada kotak dialog isikan nama devisi dan klik ok

Untuk membuat sub devisi, pilih pada devisi yang diinginkan dan klik tambah selanjutnya isikan nama sub devisi yang diinginkan pada kotak dialog dan klik Ok. perhatikan gambar dibawah sebagai contoh 2 devisi yang masing-masing memiliki 2 sub devisi. Kita dapat menambahkan devisi dan sub devisi lainnya.


Demikian Cara Membuat Devisi atau Departement List. Membuat devisi merupakan langkah awal mengatur nama lembaga yang menggunakan Mesin FingerPrint. Nama devisi tersebut akan terlihat pada tiap lembaran laporan saat akan di print.

Cara Memasukkan Nama Karyawan Ke Sofware FingerPrint
Langkah untuk memasukkan nama karyawan ke dalam software FingerPrint dapat dilakukan secara manual dengan menginput satu persatu data guru sesuai permintaan data yang ada pada software. Data nama karyawan dapat juga di input secara massal dengan cara mengimpor. Kita akan membahasnya secara detail satu persatu cara input data nama karyawan

1. Cara input Manual Data Nama Karyawan Ke Software FingerPrint (Satu Persatu)
Klik menu karyawan. baik menu karyawan yang berada di ribbon software ataupun menu karyawan yang berada di menu Pengaturan. Selanjutnya akan keluar kotak dialog Daftar Karyawan. Pilih devisi ataupun sub devisi yang diinginakan selanjutnya klik tombol Tambah dan isilah data karyawan sesuai dengan yang tersedia pada software.


Perhatikan gambar diatas..!! Pada gambar terlihat data karyawan yang dapat dimasukkan pada tab Info Dasar yang berupa No. Id yang terisi otomatis, Nama, Jenis Kelamin, Nik, Kebangsaan,  Telp. Rumah, Jabatan, Status, Tgl Lahir, Tgl masuk, No. Kartu Id, Hp dan alamat. Walau segitu banyak data yang harus di isi dalam software FingerPrint, tetapi data yang akan di transfer ke mesin FingerPrint hanya No. Id dan Nama Karyawan saja. Jadi menurut saya pribadi agar menghemat waktu dalam melakukan pekerjaan cukup mengisi data No. Id dan Nama Karyawan saja.

Secara ringkas dapat dipahami bahwa langkah-langkah yang dilakukan  untuk memasukkan data karyawan pada software FingerPrint yaitu Klik Menu Karyawan >> Data Karyawan >> Isikan No, Id dan Nama Karyawan >> Klik Simpan

2. Cara Input Data Karyawan Secara Massal (Import)
Lembaga atau perusahaan yang memiliki banyak karyawan tentu akan sulit jika menginput data secara manual satu persatu. Software FingerPrint juga menawarkan pada pengguna untuk dapat menginput data karyawan secara massal. Sebelum melakukan import data karyawan secara massal maka kita harus mempersiapkan data karyawan dalam format Excel dengan format xls atau Excel 97-2003 WorkBook.

Jika data sudah dipersiapkan dalam format excel maka langkah selanjutnya klik menu karyawan, selanjutnya akan muncul kotak dialog data karyawan seperti yang terlihat pada gambar diatas, klik menu impor yang akan muncul kotak dialog Impor Data Karyawan, selanjutnya pada jendela Impor Data Karyawan klik Impor dan akan muncul kotak dialog Impor Data Wizard. Pada kotak dialog Impor Data Wizard pilih OptionButton MS Excel, pada Source File Name klik tombol browser explorer dan pilih file Excel yang berisi data karyawan yang telah dipersiapkan tadi. Selanjutnya klik Next dan akan tampil Impor Data Wizard - Impor From Nama_File.xls.

Pada Fields pilih No. Id, Selanjutnya klik Add Range (+) untuk mengambil range pada file excel yang akan dijadikan No. Id dan akan muncul kotak dialog untuk mengatur area range yang akan diimpor sebagai No. Id. Isikan pada range type Col dan pada Col isikan A dan yang lain standart saja. A merupakan colum yang terdapat pada excel yang berisi No. Id


Pada Fields pilih Nama, selanjutnya klik Add Range (+) untuk mengambil range pada file excel yang akan dijadikan Nama Karyawan dan akan muncul kotak dialog untuk mengatur area range yang akan diimpor sebagai Nama Karyawan. Isikan pada range type Col dan pada Col isikan B dan yang lain stantar saja. B merupakan colum yang terdapat pada file excel yang berisi Nama Karyawan. Klik Execute dan akan tampil kembali kotak dialog Impor Data Karyawan, selanjutnya klik Simpan agar data yang diimpor tersimpan.

Demikian penjelasan tentang Cara Membuat Devisi dan Memasukkan Nama Karyawan FingerPrint. Semoga menjadi referensi bagi yang membutuhkan.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon