Sunday, August 6, 2017

Cara Membuat Jadwal Kerja Karyawan FingerPrint

Pengaturan jadwal kerja karyawan kita akan fokus pada menu - menu yang terdapat pada Jadwal Karyawan. Pengaturan yang terdapat pada menu Pengaturan Jadwal Kerja Karyawan merupakan menu penentu untuk mendapatkan  laporan kehadiran karyawan. 

Langkah - Langkah Mengatur Jadwal Kerja Karyawan 
Pengaturan Jadwal Kerja karyawan FingerPrint harus diikuti setiap langkahnya dari awal hingga akhir, karena langkah awal yang terdapat pada Pengaturan Jam Kerja akan berkaitan pada langkah berikutnya dan begitu seterusnya. Jika pada langkah Pengaturan Jam Kerja tidak diatur maka pada langkah Pengaturan Shift tidak akan dapat di gunakan. Karena jadwal yang diisi pada Pengaturan Jam Kerja akan masuk ke Pengaturan Shift. Begitu juga dengan Pengaturan Shift akan masuk pada menu Jadwal Karyawan. Setiap menu pada Pengaturan Jadwal Karyawan saling berkaitan dan harus diatur menurut urutannya agar terhindar dari kesalahan.

1. Pengaturan Jam Kerja
Klik pada Pengaturan Jam Kerja, selanjutnya akan muncul kotak dialog Pengaturan Jam Kerja. Pada bilah kiri aplikasi terdapat tombol Tambah untuk menambahkan jam kerja, Simpan untuk menyimpan jam kerja, dan tombol Hapus untuk menghapus jam kerja karyawan. Perhatikan gambar dibawah ini.



Isi data jam kerja sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Nama Jam Kerja dapat diisi sesuai dengan nama yang di inginkan, Jam Masuk diisi dengan jadwal masuk kerja dan Jam Pulang diisi dengan jadwal pulang kerja. Jam Masuk dan Jam pulang merupakan batas waktu kerja yang real di suatu lembaga. Toleransi Terlambat dan Toleransi Pulang Cepat dapat diisi untuk memberikan dispensasi waktu bagi yang terlambat dan cepat pulang dalam hitungan menit. Jam Mulai Scan Masuk merupakan waktu batas mulai atau batas awal Scan sidik jari untuk jadwal masuk dan Jam Akhir Scan Masuk merupakan waktu batas akhir scan sidik jari untuk jadwal masuk. Contohnya Jam Masuk pukul 07:45 Wib, Maka Jam Mulai Scan Masuk dapat diisi pada pukul 07:00 Wib dan Jam Akhir Scan Masuk 08:00 Wib. 

Jam Mulai Scan Pulang merupakan waktu batas awal untuk melakukan scan sidik jari saat jadwal pulang dan Jam Akhir Scan Pulang merupakan batas akhir waktu melakukan scan sidik jari untuk jadwal pulang. Contohnya Jam Pulang 13:30 Wib Maka Jam Mulai Scan Pulang dapat diisi pukul 13:30 Wib dan Jam Akhir Scan Pulang dapat diisi pukul 14:30 Wib. 

Jadwal yang Admin contohkan disini merupakan jadwal yang sering di atur di sekolah. Pada umumnya jadwal sekolah hari senin hingga hari kamis memiliki jadwal yang sama, dan jadwal hari jumat dan sabtu biasanya tidak sama dengan hari-hari biasanya. maka harus disetting menurut hari dan jadwal masing-masing hari. 
2. Pengaturan Shift
Klik pada Pengaturan Shift, selanjutnya akan muncul kotak dialog Pengaturan Shift. Pada data Sift bila masih kosong klik tombol Tambah untuk menambahkan dan membuat Shift. Tentukan Nama Shift, Tanggal Mulai dan lainnya. Selanjutnya tetapkan jadwal/priode terhadap Shift dengan cara klik Tambah Waktu dan akan keluar kotak dialog Tambah Priode Shift.

Sesuaikan tampilan yang terdapat pada kolom Pilih Jam Kerja Untuk Jadwal Ini dengan data yang tampil pada kolom Pilih Hari Jam Kerja Akan Diterapkan. Dalam contoh gambar dibawah, pada kolom Jam Kerja Senin-Kamis (07:45-13:30) yang dipilih dan Pada kolom Hari Kerja Senin, Selasa, Rabu, Kamis yang dipilih dan klik Ok untuk menyimpan. Pada kolom Jam Kerja Jumat (07:45-11:30) yang dipilih dengan Jumat pada kolom Hari Kerja yang dipilih dan klik Ok untuk menyimpan, Demikian dengan hari sabtu juga. Setiap memilih Jam kerja dengan Hari Kerja di klik Ok.

3. Jadwal Karyawan
Pada menu ini Pengaturan Jam Kerja dan Pengaturan Shift akan disematkan pada setiap karyawan yang akan berfungsi memfilter data presensi saat membuat laporan. Perhatikan gambar dibawah, klik pada Jadwal Karyawan pada gambar ditunjukkan nomor 1, selanjutnya akan muncul kotak dialog Jadwal Kerja Karyawan. Pilih devisi pada gambar ditunjukkan nomor 2, setelah itu kli lambang ceklist pada gambar ditunjukkan oleh nomor 3 yang berfungsi untuk memilih seluruh data karyawan yang ada dalam devisi. Selanjutnya klik pada Pengaturan Jadwal pada gambar ditunjukkan dengan nomor 4.


Selanjutnya setelah Pengaturan Jadwal dipilih maka akan muncul kotak dialog Aturan Jadwal Karyawan (nama-nama karyawan). Pada kotak dialog Aturan Jadwal Karyawan klik tanda plus (+), selanjutnya akan muncul kotak dialog Pengaturan Jadwal Kerja Karywan. Pada kotak dialog Pengaturan Jadwal Kerja Karyawan aturlah Rentang Waktu (Rentang Waktu merupakan batas awal dan akhir jadwal yang akan diterapkan berlaku). Setelah mengatur Rentang Waktu selajutnya klik Ok. Perhatikan gambar berikut ini.


Setelah mengatur sedemikian rupa pengaturan yang tersebut diatas dapat dipastikan jika tidak ada permasalahan dan kesalahan maka jadwal akan masuk ke setiap nama karyawan seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.


Dengan tampilnya setiap jadwal pada masing-masing hari seperti terlihat pada gambar diatas maka selesailah mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan mengatur Jadwal Kerja Karyawan pada aplikasi FingerPrint.

Demikian posting tentang Cara Membuat Jadwal Kerja Karyawan  FingerPrint. Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang FingerPrint. Bila posting ini dirasakan ada manfaatnnya mohon dapat dishare ke media sosial agar teman-teman lain juga mengetahui cara mengatur Jadwal Kerja Karyawan pada aplikasi FingerPrint. Bila ada yang ingin ditanyakan, saran dan kritikan mohon dapat disampaikan pada kolom komentar yang tersedia.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon