Thursday, August 10, 2017

Cara Menghitung Masa Kerja Dengan Excel

Salam..!! Pada kesempatan ini berkenaan dengan pertanyaan pengunjung blog yang menanyakan melalui WhatsApp tentang Cara Menghitung Masa Kerja Karyawan Dengan Excel maka Admin mencoba memaparkannya disini. Semoga penyampaian Admin ala otodidak bisa menjadi jawaban walau tidak terlalu detail. Menghitung masa kerja dengan detail sesuatu yang sangat diperlukan disemua lembaga. Biasanya masa kerja mempengaruhi terhadap status karyawan dan gaji yang diterima.

Sedikit curhat pada posting ini bahwa Admin sendiri sangat bingung dengan rumus atau formula yang ada pada Excel. Bagi Admin sendiri mempelajari rumus atau formula Excel jauh lebih rumit dari pada mempelajari Vba. Namun demikian Admin mencoba mempelajari rumus atau formula Excel dan menyajikannya pada blog otodidak ini. Admin yang sedang menulis saja bingung, apalagi yang sedang membaca posting ini pasti bakal ikutan bingung. Jadi bila tidak ingin bingung sama seperti Admin sangat dianjurkan untuk menutup laman ini. Jika ngotot juga ingin sama-sama bingung silahkan dilanjutkan.


Untuk menghitung masa kerja kita dapat menggunakan fungsi DATEIF. Menggunakan fungsi DATEIF kita bisa mendapatkan masa kerja secara detail tahun, bulan dan hari. Fungsi DATEIF dapat dikombinasikan dengan fungsi TODAY(). Dengan menggabungkan atau mengkombinasikan kedua fungsi tersebut maka akan didapatkan perhitungan masa kerja secara otomatis yang disesuai dengan tanggal pada sistem komputer.

Pada contoh gambar diatas terdapat beberapa modifikasi fungsi DATEIF yang digunakan untuk menghitung masa kerja. Berikut masing-masing formula yang digunakan pada setiap cell.

Formula yang digunakan pada cell C2

=DATEDIF(A2;B2;"Y")


Formula yang digunakan pada cell D2

=DATEDIF(A2;B2;"YM")


Formula yang digunakan pada cell E2

=DATEDIF(A2;B2;"MD")


Formula yang digunakan pada cell C3

=DATEDIF(A3;TODAY();"Y")


Formula yang digunakan pada cell D3

=DATEDIF(A3;TODAY();"YM")


Formula yang digunakan pada cell E3

=DATEDIF(A3;TODAY();"MD")


Formula yang digunakan pada cell C4

=DATEDIF(A4;B4;"Y")&" Tahun"


Formula yang digunakan pada cell D4

=DATEDIF(A4;B4;"YM")&" Bulan"


Formula yang digunakan pada cell E4

=DATEDIF(A4;B4;"MD")&" Hari"


Formula yang digunakan pada cell F4

=DATEDIF(A4;B4;"Y")&" Tahun "&DATEDIF(A4;B4;"YM")&" Bulan "&DATEDIF(A4;B4;"MD")&" Hari"


Formula yang digunakan pada cell C5

=DATEDIF(A5;TODAY();"Y")&" Tahun"


Formula yang digunakan pada cell D5

=DATEDIF(A5;TODAY();"YM")&" Bulan"


Formula yang digunakan pada cell E5

=DATEDIF(A5;TODAY();"MD")&" Hari"


Formula yang digunakan pada cell F5

=DATEDIF(A5;TODAY();"Y")&" Tahun "&DATEDIF(A5;TODAY();"YM")&" Bulan "&DATEDIF(A5;TODAY();"MD")&" Hari"


Demikian posting tentang Cara Menghitung Masa Kerja Dengan Excel. Semoga Formula yang disajikan pada posting Cara Menghitung Masa Kerja Dengan Excel dapat dipergunakan. Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi menghitung masa kerja. Bila posting ini dirasakan bermanfaat mohon dapat share ke media sosial agar yang lain juga tahu. Bagikan pengalaman atau saran, kritikan dan pertanyaan di kolom komentar yang tersedia.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon