Sunday, December 3, 2017

Cara Input Hari Libur Aplikasi Attendance FingerPrint

Pengelola mesin fingerprint harus mengetahui Cara Input Hari Libur Aplikasi Attendance FingerPrint. Apabila hari libur tidak di input dalam aplikasi maka kehadiran yang di kalkulasikan oleh aplikasi Attendace tidak akan menunjukkan kehadiran 100%.

Kehadiran yang tidak menunjukkan 100% ini disebabkan dihitungnya hari libur sebagai hari aktif kerja sementara dihari libur karyawan tidak melakukan sidik jari untuk absensi.

Cara Input Hari Libur ke Aplikasi Attendace FingerPrint

Oleh karena itu pengelola absensi fingerprint harus menginput data hari libur ke dalam aplikasi. Sehingga aplikasi akan tidak akan menghitung hari libur sebagai hari kerja.

Sebagai pengelola absensi fingerprint tentu kita tahu jika kehadiran karyawan tidak menunjukkan kehadiran yang maksimal akan terjadi permasalah lain seperti terpotongnya gaji/honor, berkurangnya pencairan Tc dan lainnya.

Permasalah lainnya bisa merembes kepada penilaian atasan terhadap karyawan yang tidak hadir bekerja dihari kerja. 

Langkah-langkah menginput hari libur pada aplikasi Attendace fingerprint
  • Buka Aplikasi Attendace Management
  • Klik pada tab Pengaturan
  • Pada pilihan yang muncul klik pada pilihan Hari Libur Umum
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog Holiday Maintenance
  • Klik tanda ( + ) untuk menambahkan hari libur dan tanda ( - ) untuk menghapus hari libur.
  • Isikan data keterangan hari libur pada kolom Nama hari libur dan isikan data tanggal hari libur pada kolom Tanggal Mulai serta isikan jumlah hari libur pada kolom Jumlah Hari.
  • Selanjutnya klik tanda centang ( v ) sebagai tombol Ok atau menyimpan data hari libur.
Dalam mengatur hari libur harus diperhatikan format tanggal yang diisikan pada kolom Tanggal Mulai. Sesuaikan format tanggal pada kolom Tanggal Mulai dengan format tanggal  yang digunakan oleh sistem komputer.

Ada beberapa rekan kerja yang bertugas pada beberapa sekolah dan madrasah menanyakan tentang perlukah menghubungkan/koneksi mesin dengan komputer dalam mengatur hari libur. 

Jawabannya untuk mengatur hari libur tidak perlu menghubungkan/koneksi mesin fingerprint dengan komputer. Karena yang kita atur hanya di aplikasi Attendance saja.

Perlu diketahui bahwa tindakan yang perlu menghubungkan/koneksi mesin fingerprint dengan komputer hanya untuk beberapa hal berikut ini :
  • Upload Data Karyawan. Diperlukan untuk mengirimkan data karyawan yang ada dalam aplikasi ke mesin fingerprint.
  • Download Data Presensi. Diperlukan untuk mengambil data hasil absensi. biasanya dilakukan setiap akhir bulan saja.
  • Download Data karyawan. Diperukan untuk mengambil data karyawan yang ada di mesin agar tersimpan dalam aplikasi Attendace. Tindakan ini biasanya dilakukan jika tidak ada data karyawan dalam aplikasi Attendace dan untuk mengambil data rekam sidik jari individu karyawan yang ada di mesin untuk disimpan dalam aplikasi Attendance.
Jadi hanya 3 hal yang disebutkan diatas yang diperlukan koneksi mesin fingerprint dengan komputer. Sementara untuk mengatur yang lainnya tidak diperlukan koneksi antara mesin dan komputer.

Demikian yang dapat admin jelaskan pada artikel tentang Cara Input Hari Libur Aplikasi Attendance FingerPrint. Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Cara Input Hari Libur Aplikasi Attendance FingerPrint.

Jika artikel ini dirasakan bermanfaat admin sangat berharap agar dapat dishare ke teman-teman lain melalui media sosial dengan cara klik tombol share di bawah artikel ini.

Jika ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan untuk admin mohon dapat disampaikan pada kolom komentar.

Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon