Thursday, February 1, 2018

Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih Menggunakan Macro Vba Excel

Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Menggunakan Macro Vba Excel - Ada beberapa pengunjung yang menanyakan tentang Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database atau lebih Menggunakan Macro Vba Excel. Tombol input data menggunakan Kode Macro atau kode Vba Excel sering juga disebut sebagai tombol simpan data macro, tombol entry data dengan macro. Mungkin hanya istilah penyampaian saja yang berbeda dengan tujuan yang sama.

Pada artikel ini Admin akan mencoba menulis tentang Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih Menggunakan Macro Vba Excel. Dalam pembahasan artikel ini data yang di input menggunakan UserForm selanjutnya ketika tombol input data di klik maka data akan masuk ke dua buah sheet atau dua database.
Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih 
Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih Menggunakan Macro Vba Excel dapat dibuat dengan beberapa kode. Banyak kode yang berfungsi sebagai penyimpan data ke database. Seperti kata pepetah "Banyak Jalan Menuju Roma". Demikian halnya dengan tombol input data ke database ada banyak kode Macro atau kode Vba Excel yang memiliki fungsi menyimpan data.

Admin tidak bosan-bosan memberikan saran kepada pengunjung blog ini yang sedang mempelajari kode Macro Excel atau Kode Vba Excel agar dapat membuat file contoh penerapan kode Macro Vba Excel. Jangan hanya menyimak teori saja tanpa melakukan eksperiment sendiri. 

Dengan membuat file contoh penerapan kode akan mempercepat mengetahui dan memahami fungsi serta alur kerja kode Macro Vba Excel yang sedang dipelajari. Admin sendiri tidak memiliki pendidikan yang berkaitan dengan IT. Kode Macro Vba Excel yang Admin sajikan di blog ini merupakan kode-kode macro Vba Excel yang Admin pelajari secara otodidak. Cara Admin mempelajari dengan membuat file contoh penerapan kode sendiri.

Terkait artikel dengan cara membuat database dengan tombol simpan Admin sudah menulis pada beberapa artikel. Anda dapat mempelajarinya satu persatu dan menyesuaikan dengan kebutuhan sendiri. Berikut artikel yang dapat dipelajari dan digunakan untuk membuat tombol input data.
Pada artikel yang yang Admin sebutkan diatas merupakan artikel yang tombol Input Data atau menyengkut tombol simpan data ke database menggunakan satu database saja. Namun pada artikel ini Admin akan berbagi Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih Menggunakan Macro Vba Excel. 

Ikuti langkah-langkah yang Admin jadikan dengan seksama dan teliti dengan membuat contoh file penerapan sendiri.

Langkah-langkah Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih Menggunakan Macro Vba Excel 
  • Buka Microsoft Excel selanjutnya ubah nama Sheet1 menjadi "Database1", Sheet2 menjadi "Database2" dan Sheet3 menjadi Database3. 

  • Selanjutnya buatlah header tabel database dimulai dari cell A1 hingga E1 dengan masing-masing judul header terdiri dari NIS, Nama, Jenis Kelamin, Kelas dan Alamat (Perhatikan Tabel Pada Gambar Format Gif). Jangan lupa di simpan dengan format xlsm atau xlsb.
  • Selanjutnya kita akan merancang sebuah UserForm yang dilengkapi dengan element-element yang dibutuhkan. Caranya klik pada tab Developer dan pilih menu Visual Basic.
  • Pada jendela Visual Basic masukkan sebuah UserForm serta lengkapi element yang dibutuhkan berupa Label sebanyak 5 buah, TextBox terdiri dari 3 buah, ComboBox terdiri dari 2 buah, dan sebuah CommandButton yang akan kita jadikan sebagai tombol simpan. Untuk mempercantik tampilan Ikuti properties yang tertera dibawah ini :
Properties UserForm
UserForm1 dengan Caption = "Simpan Data", BackColor = "&H00404000&",
Properties Label
Label1 dengan Caption = NIS, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label2 dengan Caption = NAMA, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label1 dengan Caption = JENIS KELAMIN, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label3 dengan Caption = KELAS, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"
Label4 dengan Caption = ALAMAT, BackStyle = 0-fmBackStyleTransparent, ForeColor = "&H00FFFFFF&"

Properties TextBox
TextBox1 dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.
TextBox2 dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.
TextBox3 dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.

Properties ComboBox
ComboBox1 dengan dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.
ComboBox2 dengan dengan BorderColor = "&H00EAF49B&", BorderStyle = "1-fmBorderStyleSingle, SpecialEffect = 0-fmSpecialEffectFlat.

Properties CommandButton
CommandButton1 dengan Caption = "Simpan"
  • Properties yang admin jelaskan diatas bisa di sesuaikan dengan keinginan masing-masing.
  • Setelah memasukkan element-element yang dibutuhkan serta mengatur  properties agar tampilan terlihat cantik dan bagus maka  selanjutnya kita akan memasukkan kode pada tombol simpan agar tombol simpan dapat berfungsi.
  • Kode berikut ini untuk mengisi pilihan ComboBox1 dan CombBox2. Klik kanan pada UserForm dan pilih View Code selanjutnya masukkan kode berikut ini.
Private Sub UserForm_Activate()
'Kode untuk mengisi ComboBox1
With ComboBox1
    .AddItem "Laki"
    .AddItem "Perempuan"
End With
'Kode untuk mengisi ComboBox2
With ComboBox2
    .AddItem "10"
    .AddItem "11"
    .AddItem "12"
End With
End Sub

  • Kode berikut ini berfungsi untuk menyimpan data pada database. Data yang di input pada TextBox dan ComboBox akan di simpan pada Sheet ketika tombol simpan di klik. Klik kanan pada CommandButton1 dengan Caption Simpan pilih View Code dan masukkan kode berikut ini 
Private Sub CommandButton1_Click()
Dim sh As Worksheet
For Each sh In Worksheets
Select Case sh.Name
Case "Database1", "Database2", "Database3"
sh.Range("A10000").End(3).Offset(1).Resize(, 5) = Array(TextBox1, TextBox2, ComboBox1, ComboBox2, TextBox3)
Case Else
End Select
Next sh
End Sub

  • Jika ingin UserForm langsung muncul ketika Excel di buka agar kelihatan seperti Aplikasi Profesional maka masukkan kode berikut ini. Klik kanan pada ThisWorkBook pada jendela Project dan pilih View Kode atau dengan cara double klik pada ThisWorkBook hingga muncul jendela kode dan masukkan kode berikut ini 
Private Sub Workbook_Open()
Application.Visible = True
UserForm1.Show
Application.Visible = True
End Sub
  • Jika ingin Worksheet disembunyikan ketika UserForm muncul gantilah nila True menjadi False pada Aplication.Visible = True yang pertama. Worksheet akan tampil jika ketika UserForm ditutup. Namun jika ingin tidak tampil sama sekali ganti juga nilai True menjadi False pada Application.Visible = True yang kedua. Jika menggantikan yang kedua anda harus menambahkan sebuah CommandButton dan masukkan kode untuk menutup Excel dari UserForm. Untuk cara ini lebih lanjut dapat di baca pada judul artikel Cara Menyembunyikan dan Memunculkan WorkBook dan Userform.

Demikian yang dapat admin jelaskan pada artikel yang berjudul Cara Membuat Tombol Input Data Dengan 2 Database Atau Lebih Menggunakan Macro Vba Excel. Semoga menjadi referensi dan informasi bagi yang sedang mempelajari Vba Excel pada tahap pemula.

Bagi yang ingin belajar Vba Excel secara mandiri dapatkan berbagai macam file contoh penerapan kode Vba dan Aplikasi Vba Excel tanpa proteksi dengan menghubungi Admin via WhatsApp atau telegram dengan nomor 0811-6822-023.

Jika ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat di sampaikan dengan bijaksana pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel.
Jika anda memiliki kode yang berbeda akan tetapi memiliki fungsi dan kerja yang sama dengan kode yang admin sampaikan pada artikel ini mohon dapat dishare pada kolom komentar.

Jika artikel ini dirasakan ada manfaat dan berguna mohon dapat dishare ke media sosial agar teman-teman yang memiliki hobi yang sama dapat mempelajarinya juga.





Nama Admin Zaki Fitriadi, Pengangguran, Blogger Awam Kelahiran Banda Aceh 1982, Mengenal Blog Tahun 2010, Baru Aktif Tahun 2015, Berbagi Apa Yang Dipejari Secara Otodidak di Dunia Maya

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon