Monday, December 14, 2015

Range Dinamis

Kesempatan ini saya akan berbagi cara membuat range dinamis. Disini saya rasa bagi kita yang belajar otodidak copy dan copas ajha. dan ikuti saya aplikasi yang sudah pernah kita buat pada posting Tombol Simpan VBA Excel. Pada File terdahulu kita sudah membuat tabel dan isi tabel yang kita input dengan menggunakan UserForm dengan fungsi Tombol Simpan. 

berikut cara membuat range dinamis yang akan kita gunakan untuk keperluan tertentu dalam rancangan UserForm kemudian hari, seperti penggunaan range dinamis pada ListBox untuk menampilkan data yang telah di simpan.
Menggunakan range dinamis untuk Rowsource data listbox akan menampilkan data terupdate. Tiap penambahan data baru akan otomatis di baca oleh range dinamis, sehingga tiap data selalu dapat ditampilkan dalam listbox.


Langkah-langkah membuat range dinamis sebagai berikut :

Lihat Video Tutorial Posting Range Dinamis Klik DISINI
  • Buka File Excel yang telah kita buat pada posting Tombol Simpan VBA Excel Blok tabel yang akan digunakan sebagai range
  • Klik kanan dan pilih Name Range seperti pada gambar dibawah ini 
  • Selanjutkannya akan muncul kotak dialaog New Name dan Ubah Name jadi "ListDB" dan ubah Refers To  menjadi range dinamis berikut dan perhatikan gambar 

=OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5)
  • Ikuti saja, seperti pada gambar, untuk penjelasan detail saya sendiri tidak paham. Karena saya hanya mengunakan logika asal bisa berfungsi.
Demikian cara membuat range dinamis yang akan kita gunakan untuk ListBox yang akan saya jelaskan berikutnya. Semoga bermanfaat bagi kita yang belajar Otodidak..!!

Semoga artikel ini dapat menjadi referensi dan informasi bagi yang sedang mempelajari Vba Excel secara otodidak pada tahap pemula.

Jika ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat disampaikan pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Bagi anda yang berminat mempelajar Vba Excel secara mandiri dapatkan berbagai macam file contoh penerapan kode Vba Excel dengan menghubungi admin melalui WhatsApp atau Telegram dengan nomor 0811-6822-023

Ibu Rumah Tangga Yang Mencoba Berbagi Melalui Tulisan. Semoga Bisa Bermanfaat Bagi Yang Membaca

7 komentar

=OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5)

angka 5 di sini maksudnya apa ya Gan...?

betul ga gan klo angka 5 itu menunjukan jumlah Kolom yang dipiih?

Saya klik kanan kok tidak Name Range, yang ada Define Name.
dan ketika saya masukkan =OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5), juga tidak mau ALIAS PROBLEM FORMULA.
MOHON PETUNJUKNYA

=OFFSET(DB!$A$2;0;0;COUNTA(DB!$E:$E);5) mengandung dan menggunakan tanda (;) pada rumus. Karena ketika saya membuat tutorial ini settingan komputer saya berbahasa indonesia.
Kemungkinan komputer anda menggunakan setting language English State maka gunakan tanda koma (,) untuk menggantikan tanda titik-koma (;). Seperti berikut ini hasilnya
=OFFSET(DB!$A$2,0,0,COUNTA(DB!$E:$E),5)
Semoga membantu

met pagi agan tutorial yang membuat range dinamis bagi saya kurang komplit gan maklum aku pemula gan bisa di perjelas lagi apa enggak gan ?atau kalau boleh minta file yang sudah jadi kirim ke ekohydn01@gmail.com tekait sama Cari Data Dengan TextBox Tampil Di ListBox untuk pembelajaran sebelumnya makasih

Bener yang agan bilang..!! ngak komplit....
Karena waktu bikin posting Range Dinamis masih baru belajar Vba Excel ala otodidak...

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini
EmoticonEmoticon