Cara Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar

Cara Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar - ScrollBar itu salah satu control yang ada dalam ToolBox Vba Excel. ScrollBar memiliki tombol panah yang ada di kedua ujungnya. Bila tombol panah tersebut diklik akan terjadi perubahan nilai. 

ScrollBar juga memiliki tombol gulir, bisa digeser-geserkan. Paham ? jika tidak paham ya praktekin saja, kadang kita itu lebih paham jika sudah praktek dari pada banyak membaca teori.

Cara Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar

Contohnya ajha seorang Insinyur belum tentu bisa mengatur ikatan batu bata dengan semen sebagai dinding berdiri tegak lurus, yang bisa cuma tukang yang tidak berpendidikan dan tidak banyak teori. Sang tukang cuma sering praktek saja. Yuks..!! 

simak dan praktekin Cara Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar.

Bagi yang baru belajar membuat aplikasi sederhana menggunakan Vba Excel sering-seringlah membuat Experiment dengan kode yang didapatkan di internet.

Dengan membuat berbagai macam percobaan diharapkan akan mengetahui alur dan siklus kerja kode. Sehingga dapat dengan mudah memahami penggunaan kode yang di dapatkan.

Langkah - langkah Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar
  • Buka Excel, rename Sheet1 menjadi "DataRecord, buat data pada Sheet DataRecord dengan header tabel datanya di mulai dari cell A1 = No, cell B1 = Id Pegawai, cell C1 = Nama Pegawai, cell D1 = Alamat, dan cell E1 Jabatan. simpan dalam format macro (xlsm).
  • Buka visual basic, Boleh pencet tombol pada keyboar Alt + F11 atau klik pada tab Developer pilih Visual Basic. Pada jendela Visual Basic tambahkan sebuah UserForm dan lengkapi control yang dibutukan dengan ketentuan properties sebagai berikut :
Properties UserForm1
Caption = ScrollBar, BackColor = &H00F1CC94&,  lainya standar saja

Properties Label
Label1 dengan BackStyle = 0 - fmBackStyleTransparent,  Caption = No, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
Label2 dengan BackStyle = 0 - fmBackStyleTransparent,  Caption = Id Pegawai, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
Label3 dengan BackStyle = 0 - fmBackStyleTransparent,  Caption = Nama Pegawai, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
Label4 dengan BackStyle = 0 - fmBackStyleTransparent,  Caption = Alamat, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
Label5 dengan BackStyle = 0 - fmBackStyleTransparent,  Caption = Jabatan, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar

Properties TextBox
TextBox1 dengan BackStyle = 0 - fmBacStyleTransparent, BorderColor = &H00000040&, BorderStyle = 1 - fmBorderSytleSingle, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
TextBox2 dengan BackStyle = 0 - fmBacStyleTransparent, BorderColor = &H00000040&, BorderStyle = 1 - fmBorderSytleSingle, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
TextBox3 dengan BackStyle = 0 - fmBacStyleTransparent, BorderColor = &H00000040&, BorderStyle = 1 - fmBorderSytleSingle, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
TextBox4 dengan BackStyle = 0 - fmBacStyleTransparent, BorderColor = &H00000040&, BorderStyle = 1 - fmBorderSytleSingle, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar
TextBox5 dengan BackStyle = 0 - fmBacStyleTransparent, BorderColor = &H00000040&, BorderStyle = 1 - fmBorderSytleSingle, ForeColor = &H00FFFFFF&, Lainnya Standar

Properties ScrollBar
ScollBar1 dengan BackColor = &H00808C39&, Lainnya Standar
  • Tahap selanjutknya kita akan menuliskan kode untuk menjalankan fungsi menampilkan data pada TextBox menggunakan ScrollBar. Klik kanan pada ScrollBar1 pilih View Code dan tulislah kode berikut ini pada event Change()
Private Sub ScrollBar1_Change()
Set SenbakuSen = Sheets("DataRecord")
DataCell = ScrollBar1.Value + 2
If SenbakuSen.Range("A3").Value = "" Then
Exit Sub
End If
With SenbakuSen
TextBox1.Value = .Cells(DataCell, 1).Value
TextBox2.Value = .Cells(DataCell, 2).Value
TextBox3.Value = .Cells(DataCell, 3).Value
TextBox4.Value = .Cells(DataCell, 4).Value
TextBox5.Value = .Cells(DataCell, 5).Value
End With
End Sub
  • Setelah menempatkan kode pada ScrollBar1 selanjutnya coba jalankan aplikasinya untuk mengetahui hasilnya. jika penempatan kode sudah benar maka fungsi ScrollBar akan berjalan seperti yang terlihat pada gambar format gif diatas.

Demikian posting Cara Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar. Tidak ada jalan lain agar bisa mengembangkan aplikasi bagi yang belajar otodidak selain banyak mempraktekkannya dari pada membaca teori.

Semoga apa yang saya sajikan pada posting ini dapat dijadikan referensi yang belajar Vba Excel secara otodidak.

Jika ada pertanyaan saran serta kritikan mohon dapat ditulis dengan bijaksana pada kolom komentar yang tersedia di bawah artikel ini.

Jika artikel ini dirasakan bermanfaat mohon dapat dishare ke media sosial agar teman-teman yang memiliki hobi yang sama dapat mempelajarinya juga.

Bagi anda yang ingin mempelajari Vba Excel secara mandiri dapatkan berbagai macam contoh file penerapan kode vba excel serta aplikasi vba excel tanpa proteksi dengan cara menghubungi admin via WhatsApp atau Telegram dengan nomor 0811-6822-023.

Pengalaman saya belajar Vba Excel secara otodidak memang sulit dan sangat menyulitkan. bagaimana tidak.!!

istilah - istilah dalam vba banyak yang tidak paham. Belajar otodidak cenderung ke arah sesat dan menyesatkan. Ko' bisa sesat dan menyesatkan ya? Ya Iya..!! ngak punya guru ngak punya sanat ilmu yang sahih.

Tapi akibatnya tidak terlalu fatal, cuma kebanyakan aplikasi jadi error saja dan jika ada yang bertanya tentang pengertian serta istilah dalam vba yang udah pasti jadi bingung dalam mencari jawaban.

Syarat utama untuk belajar otididak itu "memanfaatkan azas fungsi dan berfungsi" walau banyak kekurangan. 

Aplikasi berfungsi sebagaimana diharapkan merupakan hal yang SukSes dalam belajar otodidak. Posting ini juga otodidak, menulispun otodidak.

Saya ngak pernah belajar menulis secara profesional seperti master-master yang punya website bagus. Bahasa yang ditulis asal keluar saja dari dalam otak.

Ujung-ujungnya yang baca posting di blog ini kebanyakan jadi bingung. heheheehee...!!!

Syukur tanggal 27 Juni 2017 blog otodidak ini disetujui google adsense. Berharap bisa dapat recehan dari tayangan iklan. Rata-rata pengunjung blog harian antara 100 hingga 200 visitor.
Semoga dengan diterima oleh google ads admin lebih semangat lagi melakukan update artikel yang bisa bermanfaat bagi pengunjung.
Sempat menempuh berbagai strategi tapi akhirnya jadi merenung. Hasil dari renungan dapat sebuah jawaban yaitu saya salah dalam mengharap, masa mengharap sama pengunjung blog yang juga manusia.

Tempat yang paling pantas mengharap cuma pada Allah. Rejeki memang sudah diatur olehNya, kita cuma berikhtiar dan bertawakkal saja.

Selebihnya ikut pada kehendak Ilahi, jangan banyak protes dalam hidup, kita ngak mampu ngatur kehidupan jika bukan dengan hidayahNya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara Menampilkan Data Di TextBox Menggunakan ScrollBar"

  1. Gan, dari rumus yang ini, bisa ga textbox no pegawai dijadikan input untuk membuka data lainnya, jadi bisa dengan scroolbar dan bisa juga dengan mengetikkan no induk pegawai..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pencarian data maka buatlah tombol pencarian data dengan kode pencarian data...

      Delete
  2. Gan, mo nanya, klo setiap UserForm kebuka, maka Workbook akan otomatis tertutup.
    misal contoh kasusu:
    ada beberapa link di workbook..
    pas open workbook otomatis workbook terHide, dan membuka Userform.
    lalu jika dari userform membuka file di workbook, otomatis workbook terbuka dan userform otomatis terHide, dan jika membuka /klik untuk menuju userform lagi workbook akan terhide lagi.
    bagaimana rumus pada thisworkbook

    Private Sub Workbook_Open()
    Application.Visible = False
    UserForm2.Show
    Application.Visible = True
    End Sub

    penambahannya seperti apa?
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. jawaban untuk pertanyaannya dapat dilihat di alamat ini : http://www.senbakusen.com/2017/07/cara-menyembunyikan-dan-memunculkan.html

      Delete
  3. Mas,maaf kalo nampilin data di textbox gimana? Tp ga pke scroll bar. Satu kolom aja yg ditampilin gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimkasih atas kunjungannya Aali ya'cub..!!
      Saya asumsikan ada data di cell B2 dan ingin ditampilkan pada textbox1 di userform. maka kode dapat ditulis sebagai berikut :
      Private Sub UserForm_Activate()

      TextBox1.Value = Range("B2").Value

      End Sub

      Delete

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel