Cara Membuat DropDown List Di Excel

DropDown List merupakan sebuah daftar yang muncul dan dapat dipilih sesuai dengan keinginan setelah di klik tanda panah yang terlihat pada dropdown list. Fungsi membuat DropDown list yaitu menawarkan atau memberikan pilihan untuk dipilih dan memudahkan pengguna memilih isian yang harus di dipilih sesuai dengan ketentuan yang membuat file Aplikasi.

Pada gambar format gif dibawah Admin telah membuat 3 macam dropdown list. Dropdown list yang admin buat yang pertama menggunakan Data Validation, yang kedua menggunakan ComboBox yang terdapat Form Controls dan yang ketiga menggunakan ComboBox yang terdapat pada AktiveX Controls

Gambar Contoh DropDown List
Silahkan dipilih mau menggunakan yang mana model Dropdown list yang anda inginkan. Menurut Admin sendiri untuk mempelajari tentang cara membuat dropdown list alangkah lebih baik membuat membuat ketiga macam dropdown list tersebut.

Paling tidak dengan membuat ketiga macam dropdown list tersebut kita jadi tahu perbedaan dan persamaan masing-masing.

Selain itu juga dengan membuat ketiga-tiganya, kita akan tahu mana yang lebih cocok untuk kita terapkan dalam membuat aplikasi.

Pada percobaan posting Cara Membuat DropDown List Di Excel ini kita akan membuat dropdown list mengenai pilihan pekerjaan yang dapat dipilih.

Langkah-langkah Cara Membuat DropDown List Di Excel

  • Buka excel dan buatlah daftar pekerjaan dengan judul Range List seperti yang terlihat pada gambar format gif diatas.
  • Setelah daftar pekerjaan selesai dibuat, maka langkah selanjutnya kita akan membuat Range Dinamis dengan cara klik pada tab Formulas, selanjutnya pilih pada Define Name dan isikan sesuai dengan ketentuan berikut :
Name : "RangeList"
Refert to :"=OFFSET(Sheet1!$A$5,0,0,COUNTA(Sheet1!$A:$A),1)"
Note : Jika rumus error gantikan tanda koma (,) dengan tanda titik koma (;)

  • Range Dinamis akan berfungsi jika terjadi penambahan data pekerjaan pada baris berikutnya. Secara otomatis daftar yang ditambahkan akan ditampilkan pada dropdown list.
  • Range Dinamis ini akan kita gunakan untuk list data yang akan ditampilkan pada dropdown  yang menjadi percobaan yang kita lakukan.

Cara Membuat DropDown List Menggunakan Data Validation

  • Pilih pada cell yang ingin diletakkan dropdown list. Pada contoh gambar format gif diatas Admin memilih cell E5.
  • Klik pada tab Data, selanjutnya pilihlah Data Validation dan akan muncul DialogBox Data Validation.
  • Pada DialogBox Data Validation di tab Setting, Validation Criteria pada pilihan Allow pilih List dan isikan Source dengan nama Range Dinamis yang telah kita buat tadi yaitu RangeList.
  • Selanjutnya klik ok dan selesai
Cukup mudah bukan..!! Demikian Cara Membuat dropdown list menggunakan Data Validation.

Cara Membuat DropDown List Menggunakan ComboBox Form Controls
  • Masukkan ComboBox yang terdapat pada Form Controls dengan cara klik pada tab developer selanjutnya klik pada ComboBox Form Controls dan klik serta drag di cell E9.
  • Klik kanan pada ComboBox pilih Format Controls dan akan muncul dialogbox Format Control
  • Pada dialogbox Format Control pilih Control. Isikan pada Input Range "RangeList" yang merupakan range dinamis yang telah kita buat pada tahap awal. selanjutny klik Ok
  • Selesai
Dengan mengikuti langkah ini kita sudah dapat membuat dropdown list menggunaan ComboBox Form Controls.

Cara Membuat DropDown List Menggunakan ComboBox ActiveX Controls
  • Masukkan ComboBox yang terdapat pada ActiveX Controls dengan cara klik pada tab developer selanjutnya klik pada ComboBox ActiveX Control dan klik serta drag di cell E13.
  • Klik kanan pada ComboBox ActiveX Controls dan pilih Properties
  • Pada DialogBox Properties tab Alphabetic isikan nama range dinamis yang telah kita buat diatas yaitu "RangeList" pada ListFillRange dan Enter.
  • Selesai.
Dengan mencoba dan membuat Experiment tiga macam cara membuat dropdown list tersebut diatas maka kita akan tahu kemudahan masing-masing dropdown list yang kita buat. Kita dapat memilih mana yang lebih cocok untuk kita terapkan pada aplikasi berbasis excel yang sedang kita kembangkan.

Demikian posting tentang Cara Membuat DropDown List Di Excel. Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Cara Membuat DropDown List Di Excel. Jika ingin memberikan saran, kritikan dan pengalaman mohon dapat disampaikan pada kolom komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Membuat DropDown List Di Excel"

  1. Replies
    1. Sama-sama gan... Terimkash udah mampir... di blog ala otodidak ini....

      Delete
  2. semoga kebaikan memberikan ilmunya dibalas oleh Alloh S.W.T. sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiin..!! SEmoga Juga ada yang tergugah hatinya memberikan donasi ke link berikut ini
      http://www.senbakusen.com/p/donasi.html
      Hehehhehehehee

      Delete

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel