Cara Filter Data Antara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel

Cara Filter Data Diantara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel - Biasanya filtur filter  data antara dua tanggal digunakan untuk melihat dan membuat laporan berdasarkan rentang waktu tertentu. Filter antara dua tanggal menggunakan kode macro Excel dapat dibuat sehingga menghasilkan laporan sesuai dengan rentang tanggal yang di inginkan.

Sebenarnya untuk membuat laporan berdasarkan rentang tanggal menggunakan excel bisa dilakukan dengan banyak cara. Salah satu cara yang dapat menyelesaikan pekerjaan menggunakan kode macro Excel yang dapat mengambil data sesuai rentang tanggal yang di inginkan. Terdapat banyak kode macro yang dapat difungsikan untuk memfilter data berdasarkan tanggal.

Cara Filter Data Antara Dua Tanggal 

Sebelumnya admin sudah mempublish artikel Cara Filter/Cari Data Berdasarkan Tanggal Menggunakan DTPicker Vba Excel. Pada artikel tersebut juga membahas cara filter antara dua tanggal. Perbedaannya pada artikel tersebut menggunakan UserForm dan DTPicker dengan data yang ditampilkan pada ListBox.

Pada artikel ini admin akan berbagi Cara Filter Data Diantara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel. Data yang di filter akan ditampilkan pada Worksheet. Anda dapat mengembangkannya berdasarkan kebutuhan yang anda inginkan.

Perlu diketahui bahwa kode ini admin dapatkan dari salah satu Group Excel yang sangat banyak memberikan respon bagi yang bertanya. Master Excel di group tersebut sangat antusias memberikan solusi bagi yang bertanya. Apalagi jika yang bertanya mengupload file dan Screenshoot permasalahan  yang dihadapi.

Admin sendiri sangat terbantu dalam mempelajari berbagai macam kode Vba Excel. Belajar Vba Excel secara otodidak harus banyak membuat Experiment dan bertanya pada yang ahli.

Mempelajari dan menerapkan berbagai kode Vba Excel akan mempermudah pekerjaan yang dikerjakan menggunakan Excel. Membuat aplikasi secara mandiri dan menggunakannya salah satu keahlian yang akan manager tempat anda bekerja mempertahankan anda.

Kelihatan memang sulit memahami kode yang memiliki fungsi tersendiri. Tapi akan lebih sulit lagi jika kita bekerja selalu menggunakan cara manual. Padahal Excel sudah memberikan berbagai filtur yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan.

Admin sendiri sebenernya tidak dapat memahami setiap baris kode secara detail dan tidak mampu menjelaskannya secara terperinci. Admin hanya memanfaatkan azas berfungsi dan dapat difungsikan untuk mempermudah pekerjaan.

Back To Topic..!!
Langkah-Langkah Cara Filter Data Diantara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel :
  • Buka Excel dan buatlah tabel dan data seperti yang terlihat pada gambar format gif diatas. Data tabel terdiri dari header tabel berupa tanggal, Nama Sales, Status, dan Jumlah. Jangan lupa lengkapi data masing-masing kolomnya agar lebih terlihat sebuah experiment yang complete.
  • Ubah nama Sheet1 menjadi Data
  • Pada cell G2 tulislah Tgl Awal dan cell G3 tulislah Tgl Akhir.
  • Pada cell H2 dan H3 buatlah list dengan menggunakan Data Validation. Cara membuat List dengan Data Validation pada cell H2 yaitu klik atau pilih cell H2, selanjutnya klik pada tab Data dan pilih Data Validation. Pada kotak dialog Data Validation pilih tab Setting pada bagian Allow ubah menjadi List dan source isikan dengan rumus =$B$5:$B$20.
  • Cara membuat List dengan Data Validation pada cell H3 yaitu klik atau pilih cell H3, selanjutnya klik pada tab Data dan pilih Data Validation. Pada kotak dialog Data Validation pilih tab Setting pada bagian Allow ubah menjadi List dan source isikan dengan rumus =$B$5:$B$20.
  • Pada tahap selanjutnya kita akan menempatkan kode yang akan menjalankan fungsi filter data antara dua tanggal. Klik tab Developer selanjutnya pilih Visual Basic untuk membuka jendela Bisual Basic.
  • Pilih menu Insert dan klik Module untuk memasukkan Module1. Selanjutnya masukkan kode berikut ini pada module1 tersebut

Sub FilterTgl()

Dim TglAwal As Date
Dim i As Long, Interval As Long
With Sheets("Keluar")

If .FilterMode Then AutoFilter = False

    TglAwal = Format(.Range("H2").Value, "dd/mm/yyyy")
    Interval = (.Range("H3") - .Range("H2")) + 1
    i = TglAwal
    .Range("B4").AutoFilter Field:=1, Criteria1:=">=" & i, Operator:=xlAnd, Criteria2:="<" & i + Interval

End With

End Sub

  • Masih pada jendela visual Basic perhatikan pada Jendela Project. Klik kanan pada Sheet1(KELUAR) dan pilih View Code. Pada jendela kode masukkan kode berikut ini.


Private Sub Worksheet_Change(ByVal Target As Range)

   If Target.Address = [H3].Address Then
     Call Filter_Tgl

    End If
End Sub


Jika sudah mengikuti langkah-langkah dengan tepat dan benar, selanjutnya menguji pada lembar kerja untuk memilih tanggal awal dan tanggal akhir. Data akan difilter secara otomatis setelah tanggal akhir dipilih.

Aplikasi yang anda rancang akan bekerja sebagaimana yang terlihat pada gambar format gif di awal artikel ini. Jika belum bisa ulangi kembali langkah-langkahnya step by step.

Demikian yang dapat admin sampaikan pada artikel Cara Filter Data Antara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel. Semoga menjadi referensi bagi yang sedang mencari informasi tentang Cara Filter Data Antara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel.

Dapatkan contoh file penerapan kode Vba Excel dan Aplikasi Vba Excel karya Admin dengan menghungi admin via WhatsApp/Telegram dengan nomor 0811-6822-023.

Jika artikel ini dirasakan bermanfaat dan membantu pekerjaan anda, mohon dapat dishare ke media sosial agar banyak orang lain yang akan terbantu menggunakan cara ini.

Jika ingin menyampaikan pertanyaan, saran serta kritikan mohon dapat ditulis pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Filter Data Antara Dua Tanggal Menggunakan Kode Macro Excel"

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel