Fungsi IF | Penerapan Fungsi IF Pada Excel

Fungsi IF | Penerapan Fungsi IF Pada Excel - Fungsi IF Excel merupakan salah satu fungsi yang paling sering digunakan. Fungsi IF pada Excel bisa dikatakan fungsi bersyarat.

Fungsi IF digunakan untuk menguji logka tertentu yang telah di tetapkan kreterianya. Fungsi IF termasuk kategori rumus logika.

Secara bahasa ala otodidak Fungsi IF dapat digunakan untuk menentukan apabila kondisi nilai tertentu tercapai maka akan mengambil nilai ketentuan tercapai yang ditetapkan (True).

Jika nilai tidak tercapai  atau tidak memenuhi kreteria yang ditentukan maka akan mengambil nilai tidak tercapai yang telah ditetapkan (False).

Penggunaan Fungsi IF lebih umum pada semua bidang pekerjaan. Sebagai contoh pada lembaga pendidikan untuk menentukan syarat nilai lulus dan tidak lulus.

Fungsi IF menggunakan operator perbandingan. Operator perbandingan dapat dilihat pada tabel di bawah ini.
Operator Perbandingan  Arti  Contoh
= (Equal) Sama Dengan  4=4
> (Greater Than) Lebih Besar Dari   3>4
< (Less Than) Kurang Dari 3<4
>= (Greater Than Or Equal To)  Lebih Besar Atau Sama Dengan   4>=4
<= (Less Than Or Equal To) Kurang Dari Atau Sama Dengan  3<=4
<> (Not Equal To) Tidak Sama  3<>4
Ketika diantara dua Nilai yang dibandingkan dengan menggunakan operator perbandingan hasilnya merupakan nilai logika berupa True atau False

Jika anda bekerja pada perusahaan bisnis mungkin penerapan fungsi IF dapat digunakan untuk menentukan penjualan sebuah produk tercapai target dan tidak tercapai target.

Banyak contoh penerapan fungsi IF lainnya yang tidak dapat admin sebutkan satu persatu. Admin hanya memberikan contoh gambaran yang dapat menggunakan fungsi IF.

Untuk lebih memahami fungsi IF Admin akan menyajikan beberapa contoh penerapan kasus IF. Agar anda bisa jangan cuma membaca teori yang admin sampaikan.

Admin sangat menyarankan agar membuat file contoh penerapan setiap artikel yang admin tulis agar anda bisa memahami lebih dalam penggunaannya.

Sintaks Fungsi IF
=IF(TesLogika; [KondisiTerpenuhi]; [KondisiTidakTerpenuhi])

Keterangan :
TesLogika : Acuan fungsi IF merupakan nilai yang ditetapkan sebagai kreteria yang menentukan kondisi terpenuhi(True) atau tidak terpenuhi(False)
KondisiTerpenuhi : Ketentuan sebagai hasil jika kondisi terpenuhi (True)
KondisiTidakTerpenuhi : Ketentuan sebagai hasil jika kondisi tidak terpenuhi (False)

Fungsi IF Yang digunakan pada Excel pada dasarnya ada 2 macam yaitu fungsi IF Tunggal, Fungsi IF  Ganda atau Fungsi IF  Bertingkat.

Fungsi IF Tunggal Pada Excel

Pada gambar format gif dibawah ini menujukkan fungsi IF tunggal. Fungsi IF yang memberikan syarat atau kreteria nilai bagi yang lulus dan bagi yang ulang.

Jika siswa mendapatkan nilai kurang dari atau sama dengan 65 maka kreteria tidak terpenuhi. Fungsi IF akan menampilkan hasil Ulang.

Fungsi IF Pada Excel
Namun jika siswa mendapatkan nilai lebih dari 65 maka kreteria terpenuhi dan fungsi IF akan menampilkan hasil Lulus.

Fungsi IF yang digunakan pada C3 :
=IF(C3>65;"LULUS";"ULANG")

Cukup mudah bukan untuk menentukan kreteria lulus atau ulang pada penilaian siswa dengan menggunakan Fungsi IF Pada Excel.

Fungsi IF tunggal akan sangat membantu pekerjaan terlesai dengan cepat dan dengan perhitungan yang akurat.

Fungsi IF  Ganda Atau Bertingkat Pada Excel

Fungsi IF ganda atau bertingkat merupakan Fungsi IF yang dimasukkan ke dalam fungsi IF lainnya. Fungsi IF ganda atau bertingkat itu fungsi IF yang dibuat untuk memanipulasi variable (begitulah kira-kira).

Silahkan dilihat contoh fungsi IF ganda atau bertingkat pada gambar format gif dibawah agar lebih tercerahkan.

Fungsi IF Pada Excel
Fungsi IF yang digunakan pada E3 :
=IF(C3>65;IF(D3>65;"LULUS";"GAGAL");"GAGAL")

Fungsi IF yang digunakan pada gambar format gif diatas memiliki syarat dimana kolom pada Nilai 1 dan Nilai 2 harus memiliki nilai lebih dari 65.

Jika siswa mendapatkan salah satu dari Nilai 1 atau Nilai 2 kurang dari atau sama dengan 65 maka tidak memenuhi kreteria dan fungsi IF akan menampilkan hasil Gagal.

Jadi kolom Nilai 1 dan Kolom Nilai 2 harus memiliki nilai lebih dari 65 sehingga Fungsi IF menampilkan hasil Lulus.

Admin hanya menyajikan contoh sederhana penerapan fungsi IF pada Excel. Anda dapat membuat kreteria bersyarat sendiri dengan berbagai macam kebutuhan.

Demikian yang dapat admin jelaskan pada artikel dengan judul Fungsi IF | Penerapan Fungsi IF Pada Excel. Semoga menjadi referensi dan informasi bagi yang sedang mencari informasi tentang cara penerapan fungsi IF pada Excel.

Bila ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan kritikan mohon dapat disampaikan dengan bijaksana pada kolom komentar  yang tersedia dibawah artikel ini.

Jika artikel ini dirasakan bermanfaat dan membantu dalam menanggani pekerjaan anda, mohon dapat dishare ke media sosial agar teman-teman lainnya yang memiliki permasalahan yang sama dapat mempelajarinya juga.

Bagi anda yang minat dan ingin mempelajari VBA Excel secara mandiri dari berbagai macam contoh file penerapan Vba Excel dan aplikasi Vba Excel tanpa proteksi mohon dapat menghubungi Admin melalui WhatsApp atau Telegram dengan nomor  0811-6822-023.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Fungsi IF | Penerapan Fungsi IF Pada Excel"

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel