Cara Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell di Excel

Cara  Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell di Excel - Pada artikel ini kita akan melanjutkan pembahasan yang berkenaan dengan Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell.

Modifikasi pada Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell yaitu diantaranya kita akan mempelajari cara menyisipkan, menghapus, menyembunyikan kolom, baris dan bekerja pada Cell.

Tonton video di bawah ini untuk mempelajari dan memahami lebih lanjut tentang memodifikasi kolom, baris, dan sel.

Pada artikel sebelumnya kita sudah dapat memahami apa itu Kolom, Baris, Cell dan Range. Anda bisa melihatnya kembali tentang penjelasan apa itu Kolom, Baris, Cell dan Range pada judul artikel Pengenalan Workbook, Worksheet, Cell, Range, Column dan Row di Excel.

Menyisipkan kolom atau baris akan sering kita gunakan ketika kita akan menambahkan sebuah data diantara kolom dan baris yang sudah ada.

Kita tidak perlu menghapus data yang sudah ada dan membuat ulang semua data. Excel sudah memberikan fasilitas yang flesibel kepada pengguna untuk menyelesaikan pekerjaan lebih cepat.

Pengetahuan dasar Excel ini akan sangat bermanfaat bagi anda di kemudian hari. Pelajari dan pahami dasar-dasar Excel agar anda bisa mahir.

Setiap kita membuka Excel baru atau workbook baru, secara default Excel akan menampilkan kolom dan baris dengan tinggi dan lebar yang sama.

Terkadang kita membutuhkan kolom dan baris dengan ukuran tertentu agar data yang di input di cell terlihat.

Mari belajar dasar-dasar Excel tentang Cara  Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell di Excel.

Cara Mengubah lebar kolom di Excel

Cara mengubah lebar kolom di Excel dapat dilakukan dengan dua cara. Cara pertama yaitu cara manual dengan menyesuaikan dengan melakukan drag dan drop menggunakan mouse. Cara kedua dengan menggunakan AutoFit dengan melakukan double klik pada posisi kolom.

#Cara Manual Dengan Melakukan Drag and Drop

Perhatikan pada contoh gambar dibawah ini. Pada kolom C data tidak terlihat dengan sempurna, karena lebar kolom yang sempit.

Kita dapat menyesuaikan lebar kolom agar data yang terdapat pada kolom C bisa terlihat dengan jelas.
  • Arakan mouse diatas Header garis kolom C, sehingga kursor terlihat seperti panah dua arah atau panah ganda. Klik dan tahan serta geserkan ke samping kanan untuk menyesuaikan lebar kolom. Lepaskan jika ukuran lebar kolom sudah sesuai dengan yang diinginkan.
  • Ketika kursor dengan tanda panah ganda dilepaskan maka tampilan kolom C akan lebih lebar dan menampilkan data yang terdapat pada kolom secara sempurna. Perhatikan gambar dibawah ini.

Nach demikianlah cara menyesuaikan atau melebarkan kolom dengan cara melakukan drag and drop pada heading kolom.

Apabila kolom terlalu sempit berisi angka, maka data yang ditampilkan pada cell berupa tanda #######. Kita dapat menyesuaikan lebar kolom dengan cara drag and drop saja.

#Cara Menyesuaikan Lebar Kolom Dengan AutoFit

Filtur AutoFit dapat mengatur dan menyesuaikan lebar kolom dengan isi data yang ada di cell secara otomatis. Cara ini dapat bekerja dengan cepat
  • Arahkan mouse diatas Header garis kolom C, sehingga kursor terlihat seperti panah dua arah atau panah ganda. 
  • Selanjutnya klik 2 kali (Double Click) ketika panah ganda terlihat.

Lebar kolom akan menyesuaikan dengan data yang ada pada cell secara otomatis. Menggunakan cara ini akan lebih cepat karena kita hanya melakukan double klik pada header kolom C, selanjutnya lebar  kolom otomatis diatur.

Itulah cara menyesuaikan lebar kolom sesuai dengan data yang terdapat pada cell di kolom dengan menggunakan AutoFit.

Selain itu, penyesuaian lebar kolom dapat dilakukan pada beberapa kolom, baik menggunakan cara manual ataupun menggunakan filtur AutoFit.

Filtur AutoFit juga dapat di akses di tab Home - Format - AutoFit Column Width. Mari melihat contoh yang kami sajikan.
  • Pilih beberapa kolom yang di inginkan disesuaikan lebar kolom. Pada contoh dibawah kita memilih kolom C, D dan E.
  • Selanjutnya pilih Tab Home dan pilih pada Format kemudian pilih  AutoFit Column Width

Demikian Cara  Memodifikasi Kolom di Excel. Dengan memahami dan mempelajari dasar-dasar Excel menyesuaikan lebarkan kolom akan membuat dokument yang kita buat terlihat lebih rapi dan data yang ditampilkan akan lebih jelas.

Cara Mengubah Tinggi Baris di Excel

Cara mengubah tinggi baris, sama perlakukannya dengan yang dilakukan pada mengubah lebar kolom. 

Perbedannya hanya pada letak kolom secara vertikal dengan tanda huruf A, B, C, D dan seterusnya, sedangkan letak baris secara horizontal dengan tanda angka 1, 2, 3, 4 dan seterusnya.

#Cara Mengubah tinggi Baris Manual

  • Arahkan kursor dengan mouse pada bagian heading dari baris yang ditandai dengan angka hingga terlihat tanda panah ganda. Perhatikan gambar dibawah!
  • Klik tahan dan Geserkan untuk memperkecil atau meninggikan ukuran baris Excel. Ketika ukuran dianggap sudah sesuai lepaskan dan ukuran akan berubah.

#Cara Mengubah Tinggi Baris Dengan AutoFit

Cara mengubah tinggi baris excel dengan AutoFit sama perlakuannya dengan mengubah ukuran kolom. 
  • Arahkan kursor dengan mouse ke Header bari kolom 1, sehingga kursor terlihat seperti panah dua arah atau panah ganda. 
  • Selanjutnya lakukan double klik ketika tanda panah ganda terlihat. Baris akan disesuaikan secara otomatis.
Perlakuan ini, mengubah tinggi baris, dapat juga memilih beberapa baris atau semua baris agar memiliki ukuran tinggi yang sama.

Demikian cara untuk mengubah tinggi baris pada Excel. Praktekkan agar anda bisa dengan cepat mehaminya. Kita dapat memilih salah satu cara untuk meninggikan ukuran baris.

Cara Mengubah Semua Kolom atau Baris Sekaligus

Kita dapat juga mengubah ukuran kolom dan baris sekaligus. Mengubah ukuran kolom dan baris satu persatu mungkin akan membutuhkan waktu dan memperlambat penyelesaian pekerjaan.

Pada contoh berikut kita akan menyesuaikan baris sekaligus. Perhatikan baik-baik keterangan dan gambarnya.
  • Klik pada Select All di bawah Name Box untuk memilih semua cell dalam worksheet.
  • Kemudian arahkan mouse ke heading baris hingga muncul tanda panah ganda. Lakukan klik tahan dan kemudian geserkan untuk mengecilkan atau meninggikan ukuran baris. Hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.

Menggunakan cara ini baris dan kolom akan diatur dengan ukuran yang sama. Mungkin untuk menentukan ukuran baris lebih mudah.

Namun cara ini kurang cocok jika digunakan untuk menentukan ukuran yang sama pada kolom jika ada karakter data di cell yang lebih banyak/panjang, akan ada data pada cell yang tidak terlihat.

Cara Menyisip, Menghapus, Memindahkan, dan Menyembunyikan Kolom Dan Baris

Kita lanjut belajar dasar Excel mengenai cara memasukkan, menghapus, memindahkan dan menyembunyikan kolom dan baris.

#Cara Menyisipkan Kolom di Excel

Kita akan mencoba menyisipkan atau menabahkan kolom diantara kolom data yang sudah ada. pada contoh berikut kita akan meanmbahkan kolom sebelum kolom C. Anda bisa juga memilih kolom yang lain selain C.
  • Pilih heading kolom dimana yang ingin di sisipkan atau di tambahkan kolom. Pada contoh ini kita memilih heading kolom C. Klik kanan pada heading kolom C selanjutnya pilih Insert.
  • Hasilnya kolom akan bertambah sebelum kolom C. Perhatikan gambar hasil menyisipkan kolom berikut ini.

Nach mudah bukan untuk menambah atau menyisipkan kolom di Excel.? Silahkan dipraktekkan anda dapat dengan cepat memahami cara menyisipkan kolom di Excel.

Selain itu cara menyisipkan kolom dapat juga dilakukan dengan cara berikut :
  • Pilih heading kolom yang diinginkan.
  • Selanjutnya klik tab Home
  • Kemudian pilih menu Insert di menu group Cells
  • Hasilnya juga akan menambahkan kolom.

#Cara Menyisipkan Baris di Excel

Cara menysipkan baris di Excel caranya sama dengan menyisipkan baris di kolom, Hanya saja heading pada baris berada arah vertikal di panggir kiri worsheet, sementara haeding kolom berada diatas secara horizontal dibawah formula bar.

Pada contoh berikut kita akan menambahkan baris pada baris pada baris ke 5. Setiap penambahan baris selalu berada diatas baris yang dipilih.
  • Pilih heading baris di baris ke 5. Selanjutnya klik kanan dan pilih Insert.
  • Baris akan ditambahkan sebelum baris yang dipilih tadi. Baris yang dipilih menjadi baris ke 6 dan baris yang sisipkan menjadi baris ke 5.
Begitulah cara menyisipkan baris di Excel di antara data yang sudah ada. seperti yang telah sampaikan sebelumnya bahwa cara menambahkan baris dan kolom itu sama persis hanya saja letak headingnya yang berbeda.

#Perlu diperhatikan.!!

  • Bahwa untuk menambah atau menyisipkan kolom dan baris hanya dapat dilakukan jika heading kolom dan baris sudah dipilih atau di blok.
  • Jika hanya memilih cell pada baris atau kolom, perintah Insert hanya akan menyisipkan cell baru diantara cell yang ada.
  • Ketika memasukkan kolom atau baris baru, akan muncul ikon kuas di sebelah cell yang dimasukkan. Icon ini berfungsi format cell. Kita dapat memilih berbagai macam pilihan format jika ingin mengubah format pada kolom dan baris yang ditambah baru. Secara default, Format kolom dan baris yang ditambah baru akan mengikuti format cell yang ada sebelumnya.

#Cara Menghapus Kolom dan Baris

Mengahapus kolom dan baris pada Excel itu sangat mudah dan dapat dilakukan dengan cara yang cukup cepat.

Cara menghapus kolom dan baris di Excel memiliki cara yang sama, hanya saja perbedaan terletak pada pilihan heading kolom dan baris.

Heading kolom ditandai dengan huruf A, B, C, D dan seterusnya yang terletak secara horizontal, sedangkan heading baris di tandai dengan angka 1, 2, 3, 4 dan seterusnya yang terletak secara vertikal di sebelah kiri.

Berikut merupakan contoh Cara Menghapus Kolom, Namun hal yang sama dapat digunakan untuk menghapus baris.
  • Klik heading kolom atau baris yang ingin dihapus. Sebagai contoh kita akan menghapus pada kolom C.
  • Kemudian Pilih Delete. Pehatikan gambar dibawah ini 

Setelah di hapus kolom C tersebut akan hilang sementara kolom D akan menjadi kolom C dan seterusnya.

Begitulah cara menghapus kolom dan baris di Excel. Lakukan percobaan dan praktekkan untuk belajar Excel dasar ini.

Selain menghapus kolom pada pilihan terdapat Clear Contents. Delete dan Clear Contents memiliki fungsi yang berbeda.

Delete menghapus digunakan untuk menghapus kolom dan baris yang di inginkan. Sedangkan Clear Contents untuk hapus data yang terdapat pada kolom atau baris tanpa menghapus kolom atau baris.

#Cara Memindahkan Kolom dan Baris

Terkadang urutan tabel data harus di benahi karena keperluan tertentu dengan format yang telah ditentukan. Sementara kita sudah memiliki data awal yang dapat digunakan.

Maka kita dapat melakukan pemindahan kolom atau baris ke area yang sesuai dengan format tabel yang di inginkan

Ikuti cara memindahkan kolom atau baris berikut ini :
  • Klik kanan pada heading salah satu kolom yang ingin dipindahkan.
  • Kemudian pilih Cut atau gunakan tombol shoortcut di keyboard dengan kombinasi tombol Ctrl + X
  • Selanjutnya pilih lokasi heading kolom baru dimana yang ingin diletakkan.
  • kemudian klik tab Home kemudian pilih menu Insert selanjutnya pilih Insert Cut Cells dari menu drop down.
  • Kolom akan dipindahkan pada lokasi baru dan kolom lain akan bergesar.
Nach begitulah cara memindahkan kolom atau baris pada lokasi lain. Insert Cut Cells juga dapat di akses melalui, klik kanan pada heading kolom baru. Pilihan Insert Cut Cells akan muncul pada Drop Down.

#Cara Menyembunyikan Kolom atau Baris

Kadang kala ada keperluan tertentu yang mengharuskan kita mengambil data tertentu saja dari sebuah data tabel yang panjang.

Sebagai asumsi sederhana, kita hanya membutuhkan data yang ada di kolom B dan data yang ada di kolom F saja untuk keperluan tertentu. Data selain dari kolom B dan F dapat disembunyikan tanpa harus menghapusnya.

Bagaimana cara menyembunyikan kolom tersebut ? Yuks simak.! Berikut cara menyembunyikan kolom atau baris.

  • Pilih heading kolom atau baris yang ingin disembunyikan
  • Kemudian klik kanan pada heading
  • Pilih Hide pada menu drop down yang muncul

Begitulah cara untuk menyembunyikan kolom atau baris. Jika ingin memunculkan kembali kolom atau baris yang telah disembunyikan berikut caranya.

  • Pilih dua heading antara kolom atau baris yang disembunyikan
  • kemudian klik kanan pada heading kolom atau baris yang sudah dipilih
  • selanjutnya pilih unhide dari menu drop down yang muncul

Kolom atau baris akan kembali muncul dan data dapat kembali digunakan sebagaimana di inginkan.

Kuasai Excel dalam memodifikasi Kolom dan baris agar data yang anda buat di Excel akan terlihat rapi dan profesional.

Latihan Untuk Anda

Bagi anda yang ingin mahir pada tingkat dasar Excel kerjakan Latihan dan Tantangan yang kami berikan berikut ini.
  • Download Latihan : Bahan Latihan
  • Sesuaikan Lebar kolom dengan menggunakan cara manual dan AutoFit
  • Sesuaikan tinggi baris baik dengan cara manual, maupun dengan Autofit
  • Mengubah Kolom dan Baris secara otomatis sekaligus
  • Lakukan penyisipan, Menghapus, Memindahkan, dan Menyembunyikan Kolom Dan Baris
Demikian yang dapat kami sampaikan pada artikel ini dengan judul Cara  Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell di Excel.

Semoga artikel belajar dasar Excel ini dapat menjadi referensi dan informasi bagi anda yang belajar Excel pada tahap pemula.

Jika artikel ini dirasakan ada manfaat dan berguna untuk dipelajari, mohon dapat dishare ke teman-teman lain melalui media sosial.

Sampaikan saran serta kritikan dan pertanyaan pada kolom komentar yang tersedia dibawah artikel ini.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Memodifikasi Kolom, Baris dan Cell di Excel"

Post a Comment

Komentar Anda Sangat Menentukan Kelangsungan Blog ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel